Jokowi ke Anak Muda: Jangan Hanya Berpikir Ingin Jadi PNS

Andi M. Arief
21 Maret 2023, 12:15
jokowi, pns, papua
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz
Presiden Joko Widodo (kiri) melambaikan tangan kepada penonton saat hadir dalam Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023).

Presiden Joko Widodo berencana untuk membangun wadah berkreasi bagi pemuda di empat provinsi, yakni Nusa Tenggara TImur, Papua Barat, Maluku, dan Aceh. Kepala Negara menyampaikan hal tersebut saat meresmikan Papua Youth Creative Hub di Jayapura hari ini, Selasa (21/3).

Jokowi menilai hal tersebut penting untuk mengakomodasi bonus demografi yang diperkirakan terjadi pada 2035. Saat itu, sebagian besar penduduk di dalam negeri berusia produktif.

"Sehingga ini memerlukan wadah, memerlukan kesempatan kerja, memerlukan peluang kerja, dan jangan berpikir semua ingin jadi Pegawai Negeri Sipil," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (21/3).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mencatat bonus demografi telah terjadi di Papua. Pasalnya, sebanyak 2,6 juta orang atau 60 persen dari penduduk di Papua dan Papua barat adalah anak muda pada tahun lalu.

Oleh karena itu, Jokowi mengundang 23 pemuda asal Papua ke Istana merdeka pada 2022. Pertemuan tersebut menemukan pemuda di Bumi Cendrawasih memerlukan ruang untuk pemberdayaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Hari ini, bisa kita lihat bersama di Papua Youth Creative Hub di Jayapura. Kalau ini diteruskan, jangan-jangan anak-anak muda di provinsi yang lain ketinggalan dengan anak-anak muda di Papua," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...