Potensi Sanksi Aturan FIFA Jika Indonesia Batal Gelar Piala Dunia U20

Ameidyo Daud Nasution
27 Maret 2023, 12:28
piala dunia, piala dunia u-20, sepak bola, israel
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Pekerja menyelesaikan renovasi Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/3/2023).

Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 menjadi tidak jelas usai Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kedatangan Tim Nasional Israel. Usai penolakan, FIFA membatalkan drawing yang sedianya dilakukan pada 31 Maret mendatang.

Saat ini Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mencari solusi atas masalah tersebut. Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulinga khawatir RI terkena sanksi jika dianggap tak mampu menyelenggarakan Piala Dunia U-20.

Advertisement

"Ketika kita bilang enggak bisa ini dan itu, kan melanggar sendiri apa yang disepakati dengan FIFA," kata Arya pada Minggu (27/3) dikutip dari Antara.

Meski tak ada penjelasan resmi FIFA, potensi sanksi yang menanti Indonesia jika Piala Dunia U-20 tak jadi digelar:

Denda

FIFA tak mengatur secara eksplisit soal tuan rumah yang batal menggelar pertandingan karena alasan politik. Meski demikian, dalam aturan disiplin terbaru mereka, asosiasi atau klub akan terkena sanksi denda minimal 10 ribu Swiss Franc atau setara Rp 165 juta apabila pertandingan tak dapat berlangsung.

Di Piala Dunia 2022, FIFA juga pernah mengatur soal asosiasi yang mundur dari helatan akbar tersebut. Asosiasi yang mundur paling lambat sebelum 30 hari sebelum dimulainya turnamen bisa dikenakan denda CHF 250 ribu atau Rp 4,1 miliar. Sedangkan asosiasi yang mundur dalam 30 hari sebelum turnamen kena denda CHF 500 ribu atau Rp 8,2 miliar.

Tak Bisa Ikut Turnamen Internasional

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement