Pejabat KSP Akan Turun Tangan untuk Bebaskan Pilot Susi Air di Papua

Andi M. Arief
27 Maret 2023, 16:04
Susi Air, papua, lenis kogoya
Katadata
Susi Air

Staf Khusus Bidang Politik dan Keamanan Kantor Staf Presiden sekaligus Ketua Lembaga Masyarakat Adat Tanah Papua Lenis Kogoya bertemu Presiden Joko Widodo hari ini. Usai pertemuan, Lenis mengatakan dirinya akan berkomunikasi dengan pihak Organisasi Papua Merdeka agar membebaskan pilot Susi Air.

Seperti diketahui, Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens masih disandera oleh kelompok Egianus Kogoya. Lenis melaporkan Kapten Phillip saat ini masih hidup dan dalam keadaan sehat.

Ia akan berkomunikasi langsung dengan Egianus untuk membebaskan Kapten Phillip. Menurutnya, komunikasi tersebut akan dilakukan dengan pendekatan kekeluargaan.

"Pendekatan keluarga itu kita berkomunikasi. Sekarang pendekatan positif dulu dengan hati," kata Lenis di Kompleks Istana Merdeka, Senin (27/3).

Lenis berpendapat dirinya dan Egianus memiliki visi yang sama terkait Papua, yakni kesejahteraan masyarakat. Perbedaanya, Egianus menilai kesejahteraan Papua diraih dengan lepas dari NKRI, sedangkan Lenis menilai kesejahteraan Papua diraih dengan merdeka dalam pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Oleh karena itu, Lenis berencana mengajak Egianus untuk meraih kesejahteraan tersebut dengan cara yang lebih positif. Lenis pun berencana menggunakan Lembaga Masyarakat Adat Papua untuk berdialog dengan Egianus.

"Ngapain kita berantem, bunuh-bunuh orang terus? Mereka harus bergabung untuk kerja keras memajukan papua sebagai wilayah yang sejahtera dan damai," kata Lenis.

Lenis lalu memberikan saran kepada Jokowi untuk menyelesaikan konflik yang tak kunjung henti di Papua. Caranya,  menyalurkan anggaran pembangunan langsung ke pemerintah kabupaten.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...