Erick Thohir Akan Temui FIFA di Swiss Bahas Nasib Piala Dunia U20

Andi M. Arief
27 Maret 2023, 19:40
erick thohir, pssi, israel, piala dunia u20
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) bersama sejumlah perwakilan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI se-Indonesia berjalan usai sarasehan di Jakarta, Minggu (19/3/2023).

Pemerintah dan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah mencari cara agar Piala Dunia U20 tetap bisa digelar. Ini setelah FIFA membatalkan pengundian tim usai penolakan kepala daerah terhadap kehadiran Timnas Israel.

Pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga, Muhadjir Effendy mengatakan Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan mengunjungi kantor pusat FIFA di Zurich, Swiss untuk membahas kelanjutan Piala Dunia FIFA U20 di Indonesia. Ia optimistis diskusi PSSI dengan federasi sepak bola internasional itu lancar.

Advertisement

"Kami masih berharap ada perubahan sikap dari FIFA dan akan mencoba mengakomodasi berbagai macam penolakan dari dalam negeri. Semua kemungkinannya baik," kata Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3).

Muhadjir mengatakan, perwakilan PSSI dan FIFA pernah bertemu membahas hal tersebut, namun tidak menemui kata sepakat. Muhadjir menilai FIFA paham bahwa tim nasional Israel bukan ditolak masuk, namun harus memahami konstitusi Indonesia.

Ia mengatakan konstitusi menyatakan kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan penjajahan di atas dunia harus dihapus. Pasalnya, hal tersebut tidak sesuai dengan kemanusiaan dan keadilan.

Muhadjir menilai negara-negara yang masuk dalam kategori yang disebutkan dalam konstitusi tersebut harus memiliki pra-syarat khusus jika ingin masuk. Muhadjir mengatakan sejauh ini belum ada titik temu antara PSSI, pemerintah Indonesia maupun FIFA terkait hal tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement