Mereka yang Menolak dan Menerima Timnas Israel di Piala Dunia U20

Ameidyo Daud Nasution
28 Maret 2023, 13:50
israel, piala dunia u20, pssi
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Delegasi FIFA mengukur jalan saat meninjau Stadion Si Jalak Harupat di Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/3/2023).

Nasib penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia menjadi tidak jelas usai FIFA membatalkan pengundian akhir bulan ini. Hal ini setelah munculnya penolakan terhadap rencana kedatangan Tim Nasional Israel oleh sejumlah kepala daerah.

Ujungnya, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) harus memastikan kepastian penyelenggaraan Piala Dunia U20. Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga terbang ke Swiss untuk berunding dengan FIFA soal nasib Indonesia.

"Kami masih berharap ada perubahan sikap dari FIFA dan akan mencoba mengakomodasi berbagai macam penolakan dari dalam negeri. Semua kemungkinannya baik," kata Plt Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3).

Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster mengirimkan surat penolakan kehadiran Timnas Israel. Padahal, Koster sebelumnya sudah meneken government guarantee yang memuat kesepakatan menjadi tuan rumah.

"Sekarang menolak, wajar FIFA membatalkan drawing," kata anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga pada Minggu (28/3).

Sedangkan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menilai penolakan partisipasi Israel dalam Piala Dunia FIFA U-20 di Indonesia bukan cara terbaik membela Palestina. Ia mengatakan perjuangan dalam mendukung Palestina tidak bisa hanya sebatas menolak datangnya Israel ke Piala Dunia.

Gus Yahya berpendapat mendukung kelancaran proses Piala Dunia FIFA U-20 justru dapat membantu Palestina dalam jangka panjang. "Itu saya kira lebih konstruktif daripada sekedar protes agar Israel tidak ikut Piala Dunia FIFA U-20," kata Gus Yahya di Kompleks Istana Merdeka, Jumat (24/3).

Berikut sejumlah tokoh dan organisasi yang menolak kedatangan Timnas Israel:

1. Gubernur Bali I Wayan Koster

Koster pekan lalu mengirimkan surat ke Menpora untuk menolak Timnas Israel bermain di Bali. Ia beralasan sikap Indonesia tidak sejalan dengan Israel yang menjajah Palestina.

Meski demikian, politisi PDI Perjuangan itu enggan menjelaskan secara gamblang sikapnya. Saat ditemui awak media di Gedung DPR, Koster hanya menjelaskan sikapnya ini bukan saja sikap daerah.

WARGA NEGARA KANADA DIDEPORTASI
WARGA NEGARA KANADA DIDEPORTASI (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.)

"Ini sikap pemerintah (pusat) juga," kata Koster di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/3).

2. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Ganjar juga menjadi salah satu penolak kehadiran Timnas Israel untuk bermain di Piala Dunia U20. Ia meminta penyelenggara tak mengorbankan komitmen jangka panjang untuk mewujudkan Palestina yang merdeka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...