Jokowi Telah Bicara dengan Dubes Palestina Soal Kedatangan Tim Israel

Andi M. Arief
28 Maret 2023, 19:43
jokowi, israel, palestina
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Presiden Joko Widodo menjamin bergabungnya tim nasional Israel dalam Piala Dunia FIFA U20 tidak akan mengubah kebijakan politik internasional Indonesia. Kepala Negara mengatakan kepesertaan Israel telah dikonsultasikan dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

Jokowi mengatakan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina selalu kokoh dan kuat. Jokowi mengimbau semua pihak untuk tidak mencampuradukkan urusan politik dengan olahraga.

"Kami sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya," kata  Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (28/3).

Jokowi juga telah mengutus Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir ke Zurich, Swiss. Hal tersebut dilakukan untuk mencari solusi terbaik terkait kepesertaan tim nasional Israel dalam Piala Dunia FIFA U20 di dalam negeri.

Hal tersebut diperlukan lantaran FIFA telah mengetahui adanya penolakan keikutsertaan Israel oleh sebagian pihak. Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi Bali secara eksplisit menolak kehadiran tim nasional Israel di daerahnya.

PENINJAUAN STADION MANAHAN SOLO
PENINJAUAN STADION MANAHAN SOLO (ANTARA FOTO/Maulana Surya/rwa.)

Buntut dari penolakan tersebut adalah penundaan pengundian susunan pertandingan yang seharusnya terjadi pada 31 Maret 2023. Sejauh ini, FIFA belum mengumumkan jadwal pengundian susunan pertandingan Piala Dunia FIFA U20 lebih lanjut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...