Muhadjir: Keputusan FIFA Soal Piala Dunia U20 Tak Akan Buat RI Kiamat

Andi M. Arief
29 Maret 2023, 10:22
piala dunia, piala dunia u20, israel
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Plt. Menpora Muhadjir Effendy mengacungkan jempolnya ke arah wartawan sebelum rapat kerja bersama Komisi X DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Pelaksana Tugas Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy mengatakan keputusan akhir FIFA terkait pelaksanaan Piala Dunia U20 tidak akan menjadi kehancuran bagi Indonesia. Menurutnya, semua pihak harus menghadapi polemik kepesertaan tim Israel dengan tenang.

Selain itu, Muhadjir mengimbau pemangku kepentingan untuk menempatkan isu tersebut dalam konteks desain besar pembangunan manusia. Oleh karena itu, Muhadjir menilai isu terkait pelaksanaan Piala Dunia FIFA U20 tidak harus diributkan terlalu jauh.

"Insya Allah, apapun nanti keputusan dan hasilnya tidak akan membuat Indonesia kiamat," kata Muhadjir dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Selasa (28/3).

Walau demikian, Muhadjir berharap FIFA dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia menemukan titik temu di Doha, Qatar. Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk melakukan negosiasi ulang dengan FIFA di kantor pusatnya.

Muhadjir mengatakan Erick saat ini melakukan negosiasi pada putaran kedua. Menurutnya, negosiasi putaran pertama terkait kepesertaan tim Israel dalam Piala Dunia FIFA U20 telah dibahas di Qatar.

Pada negosiasi pertama, FIFA telah memahami penolakan tim Israel bukan karena alasan SARA, tapi karena konstitusi Indonesia. Konstitusi yang dimaksud adalah penolakan penjajahan di atas bumi dan kemerdekaan merupakan hak segala bangsa.

"Kebetulan tim satu ini termasuk kategori itu. Konstitusi ini yang kami jaga," kata Muhadjir.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...