Jokowi Resmikan Kereta Api Pertama di Sulawesi, Panjangnya 80 Km

Andi M. Arief
29 Maret 2023, 13:30
kereta, jokowi, sulawesi
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan operasi KA Makassar Parepare di Maros, Sulsel, Rabu (29/3). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Kereta Api Lintas Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan pada hari ini.  Adapun rute yang diresmikan tersebut menghubungkan Maros dengan Barru sepanjang 80 kilometer.

Jokowi berencana mengembangkan lintasan tersebut menjadi kereta api lintas Trans Sulawesi. Nantinya, Makassar hingga Manado akan tersambung dengan lintasan kereta api.

Jokowi menilai hal tersebut dapat meningkatkan daya saing nasional di pasar global. "Karena barang diangkut dengan alat transportasi yang murah," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Negara, Rabu (29/3).

Jokowi sebenarnya mengincar pengembangan kereta di Sulawesi dan Kalimantan. Namun akhirnya Pulau Celebes akhirnya dipilih menjadi lokasi pengembangan kereta api tersebut.

Keberadaan kereta api juga penting untuk mengurangi kepadatan jalan raya.  Jokowi juga menyatakan minimnya keberadaan transportasi massal membuat masyarakat berbondong-bondong memenuhi jalanan dengan kendaraan pribadi.

Alhasil, Jokowi menemukan kemacetan di mayoritas kota besar di dalam negeri. "Tidak hanya di Jakarta, tapi juga di Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, Makassar sudah macet semua karena kita terlambat menbangun transportasi publik," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...