Tiba di Qatar, Erick Thohir Temui FIFA Bahas Nasib Piala Dunia U20

Andi M. Arief
29 Maret 2023, 13:51
erick thohir, fifa, piala dunia u20
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Ketum PSSI Erick Thohir (kiri) berbincang dengan Waketum PSSI Zainudin Amali (kanan) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (tengah) saat meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/3/2023).

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir telah tiba di Doha, Qatar untuk melakukan negosiasi dengan FIFA terkait pelaksanaan Piala Dunia FIFA U20. Erick membawa sebuah tim untuk mempersiapkan negosiasi tersebut.

Erick berharap negosiasi yang dilakukan dengan FIFA pada hari ini dapat menemukan jalan keluar. Sebagai informasi, negosiasi tersebut merupakan buntut dari penolakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi Bali terhadap kehadiran tim Israel di wilayah mereka.

"Mudah-mudahan ada jalan keluar bagaimana kita bisa memberikan solusi terbaik untuk situasi saat ini," kata Erick dalam akun resmi media sosialnya, Rabu (29/3).

Erick pergi ke Qatar setelah mendapatkan instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk berdiplomasi untuk mencari solusi bagi persepakbolaan nasional. Seperti diketahui, FIFA membatalkan pengundian susunan pertandingan Piala Dunia FIFA U20 Indonesia setelah adanya penolakan.

"Ini hal yang tidak mudah. Saya akan berusaha semaksimal mungkin. Tentu mohon doa kepada kami semua yang ditugaskan untuk bisa mendapatkan hasil terbaik," kata Erick.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan telah menugaskan Erick untuk mencari solusi terbaik terkait kepesertaan tim nasional Israel dalam Piala Dunia FIFA U20. Mantan Wali Kota Solo ini menyampaikan hal tersebut diperlukan lantaran FIFA telah mengetahui adanya penolakan keikutsertaan Israel oleh sebagian pihak.

Jokowi juga menekankan Indonesia masih menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 pada tahun ini. FIFA memutuskan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 pada Oktober 2019.

"Ini kehormatan bagi bangsa Indonesia karena kita mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia FIFA U20. Penyelenggaraan event olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia.



Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...