Jokowi: Jakarta Macet karena 30 Tahun Telat Bangun Transportasi Publik

Andi M. Arief
29 Maret 2023, 17:59
jokowi, macet, jakarta
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) melihat maket rumah menteri saat meninjau lokasi pembangunan kompleks rumah menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

Presiden Joko Widodo membongkar alasan utama kemacetan masih juga terjadi di DKI Jakarta dan kota besar lainnya. Jokowi menjelaskan macet salah satunya akibat pembangunan transportasi publik terlambat.

Jokowi mengatakan pembangunan transportasi di DKI Jakarta bahkan terlambat sekitar 30 tahun. Dengan demikian, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai tersendatnya lalu lintas Ibu Kota setiap waktu bukan hal yang mengejutkan.

"Meskipun sekarang sudah ada MRT, tapi baru satu jalur. Ada LRT, tapi belum jalan. Pagi sampai malam macet sekarang ini karena keterlambatan membangun transportasi publik itu," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (29/3).

Tidak hanya di DKI Jakarta, Presiden Jokowi menilai pembangunan transportasi publik di kota besar lainnya juga terlambat. Makanya Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, dan Makassar masih dilanda kemacetan.

Makanya, Jokowi berencana membangun transportasi publik di setiap pulau. Ini demi menyediakan transportasi publik dengan biaya paling rendah kepada masyarakat.

Sejauh ini, jaringan kereta api baru ada di Pulau Jawa dan di sebagian wilayah Pulau Sumatra. Mantan Wali Kota Solo ini awalnya membicik pembangunan kereta di Sulawesi dan Kalimantan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...