Jokowi Harap Indonesia Tak Disanksi karena Batal Gelar Piala Dunia U20

Andi M. Arief
30 Maret 2023, 18:36
jokowi, piala dunia, piala dunia u20
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir agar persepakbolaan nasional tidak terkena sanksi. Menurutnya, hal tersebut penting agar Indonesia tetap memiliki kesempatan menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional masa depan.

Jokowi mengaku kecewa terhadap keputusan FIFA yang mencabut status tuan rumah Piala Dunia U20 2023 dari Indonesia.  Presiden menyarankan semua pihak untuk menjadikan peristiwa ini sebagai pembelajaran.

Advertisement

"Jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu sama lain dan sebagai bangsa yang besar kita harus melihat ke depan, jangan melihat ke belakang," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (30/3).

Terpisah, Sekretaris Jenderal PDIP Kristiyanto optimistis Indonesia dapat menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional pada masa depan. Hasto menilai pemerintah saat ini telah memiliki kemampuan lobi dan diplomasi yang cukup kuat.

"Presiden Jokowi dinilai berhasil menyelenggarakan Asian Games dengan sangat baik, kita percayakan untuk melakukan lobi-lobi sehingga berbagai kompetisi dunia nantinya bisa kita ikuti," kata Hasto.

DAMPAK PENJUALAN MERCHANDISE PIALA DUNIA U-20
DAMPAK PENJUALAN MERCHANDISE PIALA DUNIA U-20 (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.)

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy mengatakan keputusan akhir FIFA terkait pelaksanaan Piala Dunia U20 tidak akan menjadi kehancuran bagi Indonesia. Menurutnya, semua pihak harus menghadapi polemik kepesertaan tim Israel dengan tenang.

Selain itu, Muhadjir mengimbau pemangku kepentingan untuk menempatkan isu tersebut dalam konteks desain besar pembangunan manusia. Oleh karena itu, Muhadjir menilai isu terkait pelaksanaan Piala Dunia FIFA U20 tidak harus diributkan terlalu jauh.

"Insya Allah, apapun nanti keputusan dan hasilnya tidak akan membuat Indonesia kiamat," kata Muhadjir dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Selasa (28/3).


Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement