Jokowi Resmikan KEK MNC Lido, Targetkan Hemat Devisa dari Pariwisata

Andi M. Arief
31 Maret 2023, 11:17
jokowi, lido, kek, mnc
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan KEK Lido pada Jumat (31/3). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hari ini. Jokowi berharap KEK tersebut mampu mengurangi masyarakat yang bepergian ke luar negeri serta menghemat devisa. 

Jokowi berharap KEK ini bisa memangkas jumlah masyarakat yang melancong ke luar negeri. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendata total masyarakat yang berwisata ke luar negeri sebanyak 11 juta per tahun.

"Kalau kita rem separuh saja, devisanya akan sangat besar sekali karena tidak terbuang masuk ke negara lain," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Jumat (31/3).

Proyek ini dikembangkan  oleh PT MNC Land Lido, anak usaha PT MNC Land Tbk (KPIG) yang merupakan entitas bisnis Grup MNC di bidang properti dan real estate, termasuk industri pariwisata dan rekreasi.

Jokowi juga mengapresiasi rencana MNC yang akan membangun beberapa taman hiburan di KEK Lido. Taman hiburan yang dimaksud adalah Movieland, Water Park, Techno Park, dan Kawasan khusus otomotif.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai lokasi KEK Lido cukup strategis lantaran waktu tempuh dari Ibu Kota hanya sekitar 60 menit. Selain itu, kawasan tersebut dihiasi pemandangan beberapa gunung, seperti Gunung Pangrango, Gunung Gede, dan Gunung Salak.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...