Sikap PDIP di Piala Dunia U20: Penolakan Dua Kader Berujung Penyesalan

Ameidyo Daud Nasution
31 Maret 2023, 18:27
pdip, hasto, ganjar, piala dunia u20, israel
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri) menunjukan surat instruksi partai disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat memberikan keterangan pers usai pertemuan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (24/10/2022).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terseret dalam kontroversi batalnya Piala Dunia U20. Ini karena Partai Banteng sejak awal menolak kedatangan timnas Israel.

Dua kader PDIP yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster juga menolak kehadiran tim Israel. Ujungnya, FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia untuk menggelar Piala Dunia U20.

Advertisement

Meski demikian, PDIP akhirnya menyesali keputusan FIFA ini. Mereka juga mengaku sedih saat mendengar Piala Dunia U20 tak digelar Indonesia.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto bahkan menyoroti FIFA yang saat ini menerapkan standar gandar terhadap Israel. Pasalnya, Rusia telah dicoret dari negara yang berhak mengikuti Piala Dunia setelah invasinya ke Ukraina.

"Harusnya FIFA melakukan yang sama dengan Israel. Sekiranya itu terjadi, kami akan jadi tuan rumah yang paling baik di dunia," kata Hasto dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (30/3).

Dikutip dari berbagai pemberitaan, ini kronologis sikap partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut hingga berujung kecewa karena Piala Dunia U20 batal.

Surat Penolakan Koster

Gubernur Bali I Wayan Koster mengirimkan surat kepada Pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy. Isinya, penolakan kehadiran tim nasional Israel di Bali untuk pertandingan Piala Dunia U20.

Padahal, panitia pertandingan telah menyiapkan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar, Bali untuk pertandingan. Koster beralasan kebijakan luar negeri pemerintah Israel terkait Palestina bertentangan dengan pemerintah Indonesia.

ANUGERAH DEWAN ENERGI NASIONAL 2022
ANUGERAH DEWAN ENERGI NASIONAL 2022 (ANTARA FOTO/Henry Purba/wpa/nym.)

“Saya sudah terima, komunikasi, dan diskusi. Kesimpulan saya, dan semoga kesimpulan saya sama dengan pak Gubernur, surat tersebut masih koma, belum titik,” kata pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy pada Selasa (21/3).

Tak hanya itu, Ganjar Pranowo juga menyuarakan penolakan terhadap kehadiran Israel dengan alasan amanat Soekarno Padahal, Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah merupakan salah satu venue pertandingan.

Belakangan Hasto menjelaskan sikap sejawatnya itu karena mempertimbangkan keamanan. Hasto mengatakan Koster trauma kejadian bom Legian terulang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement