Dukungan Jokowi ke Ganjar Akan Pudar Usai Kontroversi Piala Dunia U20?

Ade Rosman
1 April 2023, 12:20
jokowi, ganjar, piala dunia u20
Instagram Prabowo Subianto
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi sorotan usai batalnya Indonesia menggelar Piala Dunia U20. Ini karena Ganjar, bersama Gubernur Bali I Wayan Koster, menyuarakan penolakan terhadap kehadiran Timnas Israel. 

Presiden Joko Widodo pun mengingatkan keduanya keduanya agar tidak mencampuradukkan urusan olahraga dengan politik. Meski demikian, Jokowi tak akan memberikan sanksi kepada rekan separtainya itu.

"Jangan campur aduk, ada wilayah politik dan ada wilayah sepak bola," kata Jokowi dalam sebuah rekaman suara, Jumat (31/3).

Padahal belakangan ini Jokowi dan Ganjar terlihat makin 'mesra' dan kerap bepergian bersama. Jokowi bahkan sempat panen padi bersama Ganjar dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kebumen beberapa waktu lalu. 

Jokowi pun kerap memberikan kode dukungan menjelang Pemilihan Presiden 2024. Salah satunya saat menyinggung calon pemimpin berambut putih yang oleh banyak pihak mengarah kepada Ganjar.

Oleh sebab itu, pertanyaan muncul usai manuver Ganjar. Apakah Jokowi tetap akan mendukung sang gubernur untuk menapaki posisi politik yang lebih tinggi?

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan berpandangan dukungan Jokowi kepada Ganjar tak akan memudar. Ini karena elektabilitas Ganjar yang selalu paling tinggi hingga adanya kedekatan personal. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...