Jokowi Temui Pemain Timnas Indonesia U20 di GBK Sore Ini

Ameidyo Daud Nasution
1 April 2023, 17:16
jokowi, timnas, piala dunia u20
Antara
Presiden Joko Widodo menemui Timnas U20 di GBK, Jakarta, Sabtu (1/4). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo menemui Tim Nasional Indonesia U20 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (1/4). Dalam agenda tersebut, Jokowi didampingi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir.

Dikutip dari Antara, Jokowi yang mengenakan jaket olahraga merah putih tiba di GBK pada pukul 15.30 WIB. Selain Presiden Erick, hadir pula Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali.

Advertisement

Mantan Wali Kota Solo itu sempat berbincang dengan Pelatih Timnas, Shin Tae-yong. Jokowi lalu menyalami seluruh pemain Timnas U20 dan memberikan arahan.

Kunjungan Jokowi dilakukan usai status tuan rumah Piala Dunia U20 Indonesia dicabut oleh FIFA. Alasannya, FIFA menemukan adanya keberatan dan penolakan atas kehadiran timnas Israel.

Erick menjelaskan, keberatan tersebut dinilai sebagai campur tangan yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah kota. Pasalnya, salah satu hal yang dijamin oleh tuan rumah penyelenggara Piala Dunia FIFA U20 adalah keamanan.

Erick mengatakan pemerintah pusat dan daerah sebelumnya menandatangani kontrak penyelenggaraan Piala Dunia U20. Salah satu yang dijamin awalnya adalah keamanan.

"Dengan keberatan-keberatan yang disampaikan, tentu FIFA lihat ini sebuah intervensi," kata Erick di Kantor Presiden, Jumat (31/3).

Sebagai informasi, beberapa pihak yang menyatakan keberatan tersebut secara terbuka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Keduanya menolak kehadiran tim Israel di wilayahnya masing-masing.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement