Peru Batal Gelar Piala Dunia U17, Kesempatan Bagi Indonesia?

Ameidyo Daud Nasution
4 April 2023, 12:27
piala dunia, piala dunia u17, fifa
ANTARA FOTO/Maulana Surya/rwa.
Menpora Zainudin Amali (kanan) bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah) meninjau kesiapan Stadion Manahan Solo di Jawa Tengah, Minggu (12/3/2023).

FIFA mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 tahun ini. Negara Amerika Selatan tersebut batal menggelar turnamen sepak bola junior itu karena tak mampu menyediakan infrastruktur yang memadai.

Saat ini FIFA tengah mencari negara lain yang siap menggelar Piala Dunia U17. Turnamen tetap dijadwalkan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

"Tidak ada cukup waktu untuk mengamankan investasi yang diperlukan dan menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan dengan pemerintah Peru sebelum tanggal dimulainya turnamen," demikian pernyataan FIFA pada Selasa (4/3).

Pembatalan Peru ini terjadi beberapa hari usai FIFA membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Indonesia batal usai munculnya penolakan terhadap timnas Israel.

Belum ada penjelasan dari pemerintah maupun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) apakah akan mengajukan diri menyelenggarakan Piala Dunia U17. Namun, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya menjelaskan dirinya akan kembali menemui FIFA.

Meski demikian, ia mengatakan akan fokus terlebih dulu untuk menghindarkan RI dari pemberian hukuman terburuk. "Saya akan bekerja keras untuk kembali bernegosiasi dengan FIFA untuk menghindari sanksi yang bisa terjadi," kata Erick pada Jumat (4/4).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...