Cegah Kepadatan Arus Balik, Masyarakat Diimbau Kembali Sebelum Minggu

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2023, 07:43
arus balik, mudik, lebaran
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/tom.
Foto udara sejumlah kendaraan yang menuju Jakarta antre di Gerbang Tol Cikampek Utama 2, Karawang, Jawa Barat, Rabu (26/4/2023).

Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan balik pada hari ini hingga Jumat (28/4). Hal tersebut guna mencegah kepadatan di sepanjang perjalanan menuju Jabodetabek.

Kemenhub juga meminta masyarakat menghindari perjalanan baik pada Minggu (30/4) dan Senin (1/5). Pasalnya tanggal tersebut diprediksi menjadi puncak arus balik tahap kedua.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan hingga H+2, total volume kendaraan yang kembali ke Jabodetabek baru mencapai 30,4% dari prediksi arus balik sekitar 1,6 juta kendaraan.

Kemenhub dengan kepolisian juga telah menyiapkan langkah antisipasi pergerakan kendaraan saat arus balik. "Diputuskan perpanjangan pengaturan lalu lintas angkutan barang," kata Adita di Jakarta, Rabu (26/4).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 487.986 kendaraan kembali ke wilayah Jabodetabek pada H+1 hingga H+2. Jumlah tersebut dipantau dari empat gerbang tol (GT) yakni GT Cikupa, GT Ciawi, GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...