Waspadai El Nino, Mendag Zulhas Buka Opsi Kembali Impor Beras

Andi M. Arief
22 Mei 2023, 18:05
beras, zulkifli hasan, impor
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/rwa.
Pekerja memindahkan beras dari truk sebelum disalurkan kepada warga saat Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan 2023 di Kelurahan Watusampu, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (6/4/2023).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan masih ada potensi penambahan impor beras ke dalam negeri. Menurutnya, hal tersebut melihat dampak musim kering atau El Nino dari beberapa negara di Asia Tenggara.

Zulkifli mencatat El Nino telah membuat masyarakat di Malaysia bersaing dalam mendapatkan air minum. Selain itu, EL Nino dinilai menjadi sebab utama jatuhnya korban jiwa di India dan Cina.

"Kita harus siap hadapi berbagai kemungkinan. Ya kemungkinan impor beras lagi kalau diperlukan," kata Zulkifli di Istana Kepresidenan, Senin (22/5).

Zulkifli berpendapat penambahan beras impor di dalam negeri dapat dilakukan dengan kerja sama antar pemerintah atau G2G. Importasi beras akan dilakukan lebih cepat untuk menjaga stok di dalam negeri.

Dengan demikian, masyarakat dapat memanfaatkan stok tersebut hanya saat kapasitas produksi beras domestik defisit. Menurutnya, importasi tersebut tidak tertutup pada beras saja dan terbuka untuk semua jenis hasil pertanian.

Secara total, pemerintah telah menerbitkan izin impor beras sebanyak 2 juta ton. Secara rinci, importasi beras sebanyak 2 juta ton dilakukan mendekati masa Panen Raya 2023.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...