Moeldoko Jawab Kritik Anies: Masyarakat Kecil Juga Gunakan Jalan Tol

Andi M. Arief
23 Mei 2023, 15:35
moeldoko, anies, jalan tol
PT PLN
Ketua Umum Periklindo Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023. PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan menyelenggarakan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023.

Kepala Staf Presiden Moeldoko menjawab kritik Anies Baswedan kepada Presiden Joko Widodo soal pembangunan jalan. Moeldoko mengatakan tujuan pembangunan jalan tidak eksklusif untuk melayani masyarakat kaya, namun untuk seluruh kalangan.

Moeldoko menilai pembangunan jalan tol dapat memangkas waktu perjalanan transportasi umum darat, seperti bus. Selain itu, jalan tol dinilai meningkatkan keamanan transportasi lantaran dijaga oleh pihak berwenang.

"Sebagian masyarakat melihatnya hanya mobil mewah yang masuk, tapi bus-bus sekarang masuk jalan tol untuk melayani masyarakat kecil," kata Moeldoko di Jakarta, Senin (22/5).

Moeldoko menceritakan pengalamannya memanfaatkan bus pada zaman pemerintahan sebelumnya. Menurutnya, waktu tempuh bus tergolong lama, sedangkan biaya tol tidak terjangkau jika menggunakan kendaraan pribadi.

Moeldoko menilai masyarakat dapat menikmati layanan jalan tol saat ini dengan memanfaatkan bus. Pasalnya, ada layanan bus yang melalui jalan tol dengan tarif yang terjangkau.

Anies Baswedan sebelumnya mempertanyakan fokus pemerintah dalam membangun jalan tol. Menurutnya, tidak semua masyarakat dapat menggunakan layanan jalan tol lantaran ada biaya tambahan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...