Pansel Pimpinan KPK Terbentuk Juni 2023, Siap Cari Pengganti Firli

Andi M. Arief
24 Mei 2023, 17:42
kpk, pansel, firli bahuri
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.
Ketua KPK Firli Bahuri (kiri) bersama Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (tengah), dan Alexander Marwata (kanan) mengikuti rapat kerja bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Menteri Sekretariat Negara Pratikno akan mengumumkan Panitia Seleksi atau Pansel Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam waktu dekat. Sebagai informasi, masa jabatan pimpinan KPK saat ini akan berakhir pada 20 Desember 2023.

Pratikno mengatakan pemerintah sedang memfinalisasi susunan Pansel Pimpinan KPK. Pansel tersebut akan mulai bekerja sebelum pertengahan Juni 2023.

"Dulu, pelantikan Pimpinan KPK saat ini adalah 20 Desember 2019. Masih ada waktu 6 bulan untuk proses seleksi," kata Pratikno dalam Youtube Kementerian Sekretariat Negara, Rabu (24/5).

Pratikno menilai satu semester adalah waktu yang cukup untuk memilih Pimpinan KPK. Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan pengalaman pemilihan selama ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron meminta agar jabatan pimpinan komisi antirasuah itu diperpanjang dari empat tahun menjadi lima tahun. Usulan itu disampaikan Nurul lewat uji materi Undang-undang Nomor 19 tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...