Mentan Optimistis Pasokan Beras Aman Meski Vietnam Pangkas Ekspor

Andi M. Arief
29 Mei 2023, 18:34
beras, ekspor, vietnam
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/rwa.
Pekerja memindahkan beras dari truk sebelum disalurkan kepada warga saat Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan 2023 di Kelurahan Watusampu, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (6/4/2023).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo optimistis pemangkasan ekspor beras oleh Vietnam tidak akan berdampak pada pasokan nasional. Syahrul mengatakan pasokan beras di dalam negeri dapat memenuhi konsumsi beras nasional.

Syahrul mengatakan seluruh data yang diterima pemerintah menunjukkan pasokan beras di dalam negeri aman. Data tersebut dihimpun Badan Pusat Statistik, data pertanian menggunakan satelit dengan kecerdasan buatan, dan laporan manual yang diberikan daerah.

"Semua menunjukkan hal yang sangat positif. Kami pakai data paling rendah, itu di BPS," kata Syahrul di Istana Kepresidenan, Senin (29/5).

Sebagai informasi, total beras impor Indonesia sepanjang 2022 naik 5% secara tahunan menjadi 429.207 ton. India tercatat menjadi negara asal impor dengan volume terbesar, yakni hingga 178.533 ton.

Sementara itu, Vietnam menduduki peringkat ketiga sebesar 81.828 ton atau 19,06 persen dari total beras impor. Thailand menduduki peringkat keempat atau sebanyak 80.128 ton.

Seperti diketahui, Vietnam akan memangkas ekspor berasnya pada 2030 menjadi 4 juta ton. Pada 2022, volume beras yang diekspor Vietnam mencapai 7,1 juta ton.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...