Minat Investasi, Ratusan Investor Singapura Akan Kunjungi IKN

Andi M. Arief
30 Mei 2023, 16:16
singapura, ikn, ibu kota
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.
Kondisi jalan menuju Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (10/2/2022). Jembatan Pulau Balang menjadi salah satu akses penghubung menuju IKN, jembatan tersebut menghubungkan Kota Balikpapan langsung ke Penajam Paser Utara

Sebanyak 130 pengusaha asal Singapura akan menyambangi Ibu Kota Nusantara dalam waktu dekat. Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari paparan publik terkait investasi di IKN.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo menilai tingginya angka kunjungan investor Singapura ke IKN menunjukkan tingginya minat investasi. Menurutnya, pada investor tersebut mau mengetahui lebih dalam peluang bisnis di IKN.

“Pembangunan ibu kota Nusantara merupakan proyek terbesar di Asia Tenggara dengan nilai mencapai US$ 32 miliar. Bagi pengusaha ini tentunya merupakan peluang bisnis yang luar biasa," kata Suryo dalam keterangan resmi, Selasa (30/5).

Suryo berpendapat peluang investasi di IKN cukup tinggi lantaran pemerintah hanya akan membangun gedung dan perkantoran pemerintahan. Dengan demikian, pembangunan infrastruktur lainnya dapat dibangun oleh pihak swasta.

Para investor telah mendapatkan paparan langsung dari Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti dan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono. Namun, mereka ingin melihat langsung lokasi IKN untuk memastikan progres pembangunannya.

"Garuda Indonesia mendukung kegiatan ini dengan menyediakan penerbangan khusus Singapura-Balikpapan agar para pengusaha tidak perlu transit dulu di Jakarta,” kata Suryo.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...