3 Perusahaan Eropa Akan Investasi Baterai Listrik di Sulsel dan Papua

Ameidyo Daud Nasution
31 Mei 2023, 13:50
baterai, bahlil, kendaraan listrik
123RF.com/malp
Ilustrasi baterai lithium-ion

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan akan ada investasi baru terkait produksi baterai kendaraan listrik atau EV di dalam negeri. Bahlil mencatat ada tiga investor yang berkolaborasi dalam membangun fasilitas produksi terintegrasi sekitar Rp 134,7 triliun.

Bahlil mengatakan investasi tersebut akan menghasilkan fasilitas produksi terintegrasi dari pertambangan hingga produksi baterai EV. Nikel untuk produksi baterai tersebut akan dipasok dari Papua.

Advertisement

"Arahan Bapak Presiden jelas, September semua sudah selesai administrasi dan sudah mulai groundbreaking," kata Bahlil di Istana Kepresidenan, Rabu (31/5).

Ketiga investor yang dimaksud Bahlil adalah Glencore Ltd dari Swiss, EVision International dari Inggris, dan Umicore dari Belgia. Bahlil menyebut potensi investasi dalam pembangunan pabrik terintegrasi tersebut mencapai US$ 9 miliar.

Bahlil mengatakan pabrik tersebut akan didirikan di Kawasan Industri Bantaeng, Sulawesi Selatan. Kawasan tersebut fokus menggunakan energi hasil pembangkit listrik tenaga angin. 

Kawasan Industri Bantaeng tercatat seluas 3.000 hektar dan dijadwalkan mulai beroperasi pada 2022. Adapun, pembangunan Kawasan Industri Bantaeng dimulai sejak 2015.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement