Penulis dan Pakar Politik Mochtar Pabottingi Wafat, Ini Profilnya

Ameidyo Daud Nasution
4 Juni 2023, 11:07
Peneliti LIPI dan penulis Mochtar Pabottingi. Foto: Antara.
Antara
Peneliti LIPI dan penulis Mochtar Pabottingi. Foto: Antara.

Kabar duka muncul dari dunia sastra dan akademik Indonesia. Penulis dan pakar politik Mochtar Pabottingi meninggal dunia pada Minggu (4/6) pukul 00.30 WIB.

Mochtar berpulang dalam usia 77 tahun. Saat ini, jenazah dibawa ke rumah duka yang berada di Kayu Putih, Jakarta Timur.

"Semoga segenap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," demikian pesan yang dibagikan mantan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudi Latif, Minggu (4/6).

Dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Mochtar lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan pada 17 Juli 1945. Usai menamatkan pendidikan di SMEA Negeri 1 Makassar pada 1963, ia melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Sosial Politik Universitas Hasanuddin.

Hanya setahun, ia pindah ke jurusan Sastra Inggris di Unhas hingga tingkat sarjana muda pada 1968. Setahun kemudian, Mochtar mendapatkan beasiswa dari Caltex untuk melanjutkan studi di jurusan yang sama di Universitas Gadjah Mada.

Usai menamatkan pendidikan pada 1972, Mochtar lalu pindah ke Jakarta untuk bekerja di Kedutaan Besar Inggris sebagai press assistant. Setelah itu, ia menjadi co-editor majalah Titian milik Kedutaan Besar Amerika Serikat pada 1975.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...