Menko Airlangga Siapkan Strategi Atasi Anjloknya PMI Manufaktur RI

Andi M. Arief
5 Juni 2023, 14:31
manufaktur, airlangga, pmi manufaktur
Kemenko Perekonomian
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam acara Luncheon Meeting yang diselenggarakan di Brussels, Belgia, pada Selasa (30/5).

Angka Purchasing Manager's Index atau PMI Indonesia susut lebih dari 2,0 poin dari 52,7 pada April 2023 menjadi 50,3 pada bulan lalu. Meski demikian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tak khawatir kondisi tersebut.

Airlangga menyampaikan penurunan PMI Indonesia pada bulan lalu disebabkan oleh pelemahan permintaan di pasar ekspor. Oleh karena itu, Airlangga berencana mendorong pembukaan pasar ekspor baru pada bulan ini.

Advertisement

"Kemudian, kedua, kami akan jaga permintaan ekspor melalui bentuk Comprehensive Economic Partnership Agreement. Akan membantu itu," kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Senin (5/6).

Dengan strategi tersebut, Airlangga mengaku tidak khawatir PMI Indonesia susut ke bawah 50,0. Seperti diketahui, PMI di bawah level 50,0 menandakan sektor manufaktur suatu negara dalam kondisi kontraktif.

Sebaliknya, PMI di atas 50,0 menandakan sektor manufaktur sebuah negara dalam kondisi ekspansif. PMI adalah indeks yang menunjukkan kondisi sektor manufaktur sebuah negara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement