PAN Bertemu Gerindra, Bahas Sistem Pemilu hingga Cawapres Prabowo

Andi M. Arief
5 Juni 2023, 18:41
pan, gerindra, prabowo
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pengurus DPP Gerindra berdiskusi saat pertemuan dengan PAN di kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (5/6).

Partai Amanat Nasional menggelar pertemuan dengan Partai Gerindra di Kantor Dewan Pimpinan Pusat PAN hari ini. Dalam pertemuan tersebut, kedua partai menghasilkan dua kesepakatan yakni sistem Pemilihan Legislatif 2024 dan proses Pemilihan Umum 2024.

Selain itu, pertemuan pada hari ini juga membicarakan terkait potensi koalisi untuk menghadapi Pemilihan Presiden 2024. Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan kedua partai sepakat mendorong sistem proporsional terbuka pada Pileg 2024.

Oleh karena itu, PAN akan berkomitmen memperjuangkan hal tersebut di Dewan Perwakilan Rakyat. "Komitmen itu kami perkuat lagi dalam pertemuan kami sore hari ini dengan Gerindra," kata Eddy di Kantor Dewan Pimpinan Pusat PAN, Jakarta, Senin (5/6).

Kesepakatan selanjutnya adalah menjalankan Pemilu 2024 secara lancar, aman, damai dan teduh. PAN dan Gerindra memiliki tanggung jawab pada masyarakat dalam menghadirkan pesta demokrasi yang mencerahkan dan membawa manfaat.

Terakhir, PAN dan Gerindra membahas potensi kerja sama politik menghadapi Pilpres 2024. Salah satu bentuk kerja sama yang dimaksud adalah menawarkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai pendamping Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Sebagai informasi, Prabowo diusung sebagai capres pada Pilpres 2024 oleh Partai Gerindra dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Adapun, partai politik anggota KKIR adalah Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...