Luhut Akan Pakai Tenaga Kerja Asing Awasi Pembangunan IKN

Andi M. Arief
9 Juni 2023, 14:08
luhut, tka, ikn
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Menko Marves Luhut B Pandjaitan (tengah) berbincang dengan Menaker Ida Fauziyah (kiri) disaksikan Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan) sebelum rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Pemerintah berencana menggunakan tenaga kerja asing dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, hal tersebut dilakukan demi menjaga kualitas infrastruktur ibu kota baru.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengatakan kualitas infrastruktur yang saat ini dibangun menjadi kunci realisasi investasi tersebut. Makanya, proyek ini harus digarap dengan betul. 

Luhut menjelaskan pengawasan menjadi penting karena minat investasi di IKN sangat besar. Ia mencontohkan, minat investor dari Singapura untuk berinvestasi sangat tinggi. 

"Karena itu kami terpaksa, dengan segala hormat, pakai para bule untuk menjadi pengawas," kata Luhut dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR, Jumat (9/6).

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Luhut menjadi Ketua Satgas Percepatan Investasi IKN. Luhut menilai mekanisme pembelian tanah di IKN masih menjadi penghambat realisasi investasi.

Oleh karena itu, ia telah menugaskan kementerian terkait untuk menentukan harga di IKN dalam waktu dekat. Menurutnya, harga tanah di ibu kota baru akan berubah setiap 6 bulan sekali sesuai dengan progres pembangunannya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...