Luhut Gandeng Kongo dan Brasil Garap Industri Hutan dan Tambang

Andi M. Arief
9 Juni 2023, 14:45
luhut,brasil, kongo
Humas Kemenko Marves
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri langsung Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia hari ini di Banten, Jumat (10/2).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengajak 20 negara lain mengembangkan industri hutan tropis dan mineral kritis. Pertemuan tersebut akan dilakukan di Bandung, Jawa Barat pada Oktober 2023.

Luhut mengatakan Indonesia akan bekerja sama secara khusus dengan Kongo dan Brasil dalam mengelola industri hutan tropis dan mineral kritis. Kerja sama tersebut penting agar negara berkembang dapat naik kelas menjadi negara maju.

"Sebagai guyon, kerja sama ini seperti kartel. Jadi, negara-negara berkembang harus sama, tidak boleh didikte," kata Luhut dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR, Jumat (9/6).

Luhut berpendapat negara berkembang harus dapat menikmati nilai tambah dari pengolahan mineral maupun industri hutan tropis. Oleh karena itu, Indonesia, Kongo, dan Brasil akan membentuk South-South Collaboration dalam pengembangan industri tersebut.

Pertemuan pada Oktober tersebut akan dihadiri 12 negara dari Benua Afrika dan 8 negara dari Amerika Selatan. Luhut berharap pertemuan tersebut akan mengulang semangat Asia-Afrika pada 1955.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...