Mahfud Bicara Empat Mata dengan Jokowi Di Istana, Bahas Apa?

Andi M. Arief
9 Juni 2023, 14:57
mahfud, jokowi, istana
ANTARA FOTO/Aqila Budiati/app/YU
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (MenkoPolhukam) Mahfud MD menyampaikan paparan dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Joko Widodo. Mahfud memasuki Istana Kepresidenan sekitar pukul 14.00 WIB. 

Mahfud mengatakan akan mendiskusikan banyak topik bersama Jokowi. Namun Mahfud belum menjelaskan lebih lanjut topik bahasan tersebut. 

"Banyak lah bahasannya, saya sendiri dengan presiden," kata Mahfud di Istana Kepresidenan, Jumat (9/6). 

Dia juga enggan menjelaskan apakah pertemuan tersebut membahas soal isu putusan Mahkamah Konstitusi soal Pemilu ataupun soal masa jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. "Nanti saja," katanya.

Sebagai informasi, Mahfud telah ditugaskan Jokowi untuk mengkaji putusan Mahkamah Konstitusi terkait masa jabatan Pimpinan KPK. Sebagai informasi, MK memutuskan untuk memperpanjang masa jabatan Pimpinan KPK menjadi 5 tahun.

Adapun, kajian yang dijalankan Mahfud akan menentukan apakah Putusan MK tersebut akan langsung diberlakukan pada periode 2019-2023 atau periode selanjutnya.

"Masih dalam kajian dan telaah dari Menko Polhukam. Ditunggu saja hasilnya," kata Jokowi di Landasan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Rabu (7/6).

Juru Bicara Mahkamah Konstitusi Fajar Laksono menyampaikan putusan terkait masa jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi langsung berlaku. Artinya, masa jabatan pimpinan KPK yang kini bertugas akan diperpanjang selama setahun hingga Desember 2024.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...