Jokowi dan Pangeran MBS Sepakati 4 Kerja Sama, Salah Satunya Olah Raga

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Oktober 2023, 11:02
jokowi, mbs, arab saudi
Antara
Presiden Joko Widodo dan Pangeran Mohammed bin Salman di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (19/10). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman atau MBS di Istana Al-Yamamah, Riyadh pada Kamis (19/10). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Pangeran MBS menyepakati empat perjanjian kerja sama.

Perjanjian pertama adalah pembentukan dewan koordinasi tertinggi Indonesia dan Arab Saudi untuk memperkuat hubungan kerja dua negera. Keputusan tersebut ditandatangai oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan al-Saud.

Indonesia dan Arab Saudi juga menyepakati nota kesepahaman terkait kerja sama di bidang pemuda dan olahraga. Beleid tersebut diteken oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Menteri Olahraga Arab Saudi Abdulaziz bin Turki Al Faisal Al Saud.

Adapun kerja sama sektor pemuda antara lain program pertukaran pemuda kedua negara, mempromosikan kegiatan kepemudaan, mendorong kerjasama antar organisasi kepemudaan, pertukaran pengetahuan dan pengalaman melalui konferensi, simposium, dan seminar.

Sementara di bidang olahraga yakni pertukaran kunjungan pejabat pemerintah, atlet, pelatih, ahli, dan peneliti di bidang olahraga, Membina kerja sama di bidang kedokteran olahraga, tindakan anti-doping, olahraga untuk penyandang disabilitas, dan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Jokowi dan MBS juga menyepakati program kerja sama teknis antara Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Organisasi Standar, Metrologi, dan Kualitas Saudi. Kesepakatan itu ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perdagangan Arab Saudi Majin bin Abdullah Al Qasabi.

Kerja sama keempat yakni momerandum antara Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Indonesia dan Otoritas Makanan dan Obat Arab Saudi tentang kerja sama dalam jaminan kualitas produk halal.

Naskah kerja sama itu diteken oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Indonesia muhammad Aqil Irham dan Kepala Otoritas Makanan dan Obat Arab Saudi Hisham bin Saad Aljadhai.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...