Lebih 100 UMKM Antre Terima Modal dari Gaji Stafsus Jokowi

Tema program CiptaNyata periode pertama yang dirintis CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Reza adalah usaha busana
Image title
Oleh Fahmi Ahmad Burhan
6 Januari 2020, 13:09
ruangguru, umkm, gaji staf jokowi
instagram/@belvadevara
Ilustrasi, Staf Khusus Jokowi sekaligus CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara mengatakan lebih dari 100 UMKM yang mendaftar program CiptaNyata untuk mendapat bantuan modal dari gajinya.

Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Adamas Belva Syah Devara mengatakan sudah ada lebih dari 100 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mendaftar program CiptaNyata untuk mendapatkan modal dari gajinya. Rencananya, dua usaha kecil akan diumumkan sebagai pemenang pada bulan ini.

Belva saat dilantik sebagai Staf Khusus Jokowi Oktober 2019 lalu mengatakan akan menyumbangkan semua gajinya kepada UMKM lewat program CiptaNyata. CEO Ruangguru itu akan memberi bantuan masing-masing sebesar Rp 20 juta kepada dua usaha kecil saban bulan.

Pada periode pertama program CiptaNyata ykni Desember, Belva memberikan seluruh gajinya bagi dua orang pemenang dengan tema fashion. "Bukan hanya kasih modal, tapi juga mentorship," kata Belva di Jakarta pada Jumat (3/1).

(Baca: Jadi Staf Khusus Jokowi, CEO Ruangguru Sumbang Gaji untuk Modal UMKM)

Dana yang diberikan pada dua UMKM pemenang di tiap bulannya murni merupakan pemberian dan bukan pinjaman. Pemenang juga akan mendapatkan mentor dari Belva dan teman-teman jaringannya.

Ia beralasan, bantuan pada UMKM karena paham sulitnya UMKM dalam mencari modal dan mentor dalam merintis usaha. Belva mengatakan, gaji kotor yang diterimanya sebagai staf Jokowi sebesar Rp 51 juta. Namun, setelah dikurangi pajak, penghasilan bersihnya mencapai Rp 40 juta. 

Meski demikian, ia juga menyadari risiko dari program ini karena skema berbentuk pemberian ini.  ada resikonya. Makanya Belva akan mengevaluasi CiptaNyata dalam enam bulan ke depan. "Tapi yang jelas, tujuannya itu, agar UMKM dapat modal, dan upskilling," kata Belva.

(Baca: Bukan SoftBank, Ruangguru Raih Pendanaan Rp 2,1 T dari Investor AS)

Seleksi UMKM dilakukan lewat unggahan proposal usaha dan video melalui laman www.ciptanyata.com. Pemenang yang terpilih nantinya wajib membuat dua video terkait perkembangan bisnisnya, lalu diunggah di situs tersebut.

Belva ditunjuk sebagai Staf Khusus Jokowi pada Oktober lalu. Ia akan memberikan masukan kepada Presiden terkait perkembangan teknologi terbaru yang lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat. Selama menjalankan tugasnya, Belva tidak akan mundur dari Ruangguru.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait