CEO Lengser Usai Kasus Koboi Jalanan, Ini Profil Fintech Restock.ID

Muhammad Farid ditetapkan sebagai tersangka usai menyenggol premotor dan menodongkan senjata di wilayah Duren Sawut, Jakarta Timur.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
4 April 2021, 15:15
restock.id, koboi duren sawit, fintech
Katadata
Logo Restock ID. CEO Restock telah berganti dari Muhammad Farid kepada Tiar Nabilla Karbala.

Startup penyedia platform peer to peer lending (P2P) yakni Restock.id resmi menunjuk Tiar Nabilla Karbala sebagai Chief Executive Officer (CEO) menggantikan Muhammad Farid Andika yang mengundurkan diri.

Pergantian posisi CEO ini tak lama usai Farid menjadi tersangka atas kasus penggunaan senjata airsoft secara ilegal. Kasus ini sempat viral usai video dirinya mengeluarkan benda seperti pistol saat berkendara hingga warganet menyebutnya sebagai koboi jalanan.

Restock.id merupakan penyedia P2P lending yang mengkhususkan diri pada pembiayaan ke pelaku UMKM serta bekerja sama dengan penyedia teknologi dan pusat pergudangan di Indonesia. Dana yang dikumpulkan berasa dari pemberi pembiayaan yang investasi lewat platform mereka.

Dari laman Restock.id, perusahaan ini dibangun oleh orang yang berpengalaman di bidang finansial dan teknologi. Adapun dari laman Linkedin, sang bos baru, Tiar sebelumnya pernah bekerja di perusahaan keuangan internasional yakni JP Morgan.

Restock yang bernama resmi PT Cerita Teknologi Indonesia mayoritas sahamnya dikuasai Cerita Investasi Amanah Pte. Ltd. CIA ini adalah perusahaan yang berbasis di Singapura dan bersama PT Media Kapital Nusantara menyepakati suntikan dana Rp 200 miliar kepada Restock .id 2019 lalu.

Selain mengumumkan pergantian bos, pihak Restock juga sekaligus memberikan pernyataan soal kasus yang sempat ramai tersebut.  “Kami mengajak masyarakat untuk objektif dan tenang dalam menanggapi isu yang ada,” kata Chief of Sales Restock.id Rega Sardjono dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (4/4).

Rega juga mengatakan pihaknya mempersiapkan beberapa strategi untuk membantu pembiayaan lebih besar kepada usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bahkan, ia menyatakan dalam waktu dekat ini akan mendanai sebuah perusahaan rintisan (startup).

“Minggu depan kami akan bantu startup yang fenomenal dengan nilai investasi lebih besar dari yang sebelum-belumnya,” katanya tanpa merujuk nama perusahaan tersebut.

Dia juga menyampaikan bahwa Restock.id akan terus membangun ekosistem antara pemberi pinjaman, penerima pembiayaan, serta mitra yakni penyedia teknologi dan pergudangan di Indonesia. Tahun lalu, mereka menyalurkan pendanaan mencapai Rp 247,3 miliar.

“Sepanjang tahun ini, nilainya sudah mencapai Rp 96,9 miliar. Meski di tengah pandemi, kami terus berkontribusi untuk UMKM,” ujar Rega.

 

Muhammad Farid atau inisial MFA ditetapkan sebagai tersangka usai menyenggol premotor dan menodongkan senjata di wilayah Duren Sawut, Jakarta Timur, sekitar Jumat (2/4) ukul 01.00 WIB.

"Atas perbuatannya memiliki senjata air soft gun tanpa izin, MFA dikenakan Undang-undang (UU) Darurat Nomor 12 Tahun 1951," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, sabtu (3/4).

 

Video Pilihan

Artikel Terkait