Astra dan Alibaba Gelar Lomba Startup RI, Hadiahnya Uang Ratusan Juta

Peserta perlombaan startup bisa mendapatkan pendampingan eksklusif dari rekan Astra seperti BCG, McKinsey, Accenture, Google, hingga Microsoft.
Image title
25 Mei 2022, 10:40
startup, astra, alibaba
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gedung Astra (12/8).

Group Digital Strategy dari Astra Internasional dan Alibaba Cloud menggelar program kompetisi serta akselerasi kepada startup Indonesia. Melalui program tersebut, usaha rintisan RI bisa mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah.

Kompetisi tersebut bertajuk Astranauts. Chief of Group Digital Strategy, Astra International Paul Soegianto mengatakan, Atranauts menjadi ajang kompetisi bagi mahasiswa dan startup yang memiliki minat terhadap pengembangan inovasi digital dan teknologi.

“Astranauts punya tujuan melahirkan ide-ide inovatif yang dapat menjawab tantangan bisnis saat ini," ujar Paul dalam siaran pers, kemarin (24/5).

 

Advertisement

Astranauts juga sejalan dengan proyeksi Astra untuk mempercepat transformasi digital dan mendorong efektivitas proses bisnis dengan memperkenalkan berbagai inovasi baru. Selain itu, program ini merupakan upaya memperkuat ekosistem startup Astra dan inisiatif-inisiatif dalam bidang digital serta teknologi.

Ada lima tema dalam kompetisi tersebut, yaitu Future of Mobility, Future of Finance, Industry 4.0, Sustainability, hingga Emerging Technology. Startup dan mahasiswa bisa mengikuti program dengan mendaftarkan diri pada 16 Mei 2022 hingga 8 Juli 2022.

Nantinya, para pendaftar akan diseleksi untuk dapat melanjutkan ke tahap preliminary round.  Peserta yang lolos dari tahap ini akan mengikuti sesi mentorship eksklusif selama dua pekan dari rekan Astra seperti, BCG, McKinsey, Accenture, Dalberg, AT Kearney, EY, Google, Microsoft, AWS, serta GK-Plug and Play.

Finalis kemudian berhak mempresentasikan produk mereka pada Demo Day. Astranauts menyediakan total hadiah ratusan juta rupiah untuk para pemenang. 

Selain uang tunai, peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dan bergabung menjadi bagian dari komunitas startup Astra, serta kesempatan untuk bekerja sama dengan Astra.

Selain itu, Alibaba Cloud juga menggelar program untuk startup bertajuk Go Startup Program Indonesia. General Manager Alibaba Cloud Indonesia Leon Chen mengatakan, program tersebut diluncurkan untuk mendukung pengusaha startup lokal di Indonesia melalui penyediaan sumber daya komputasi awan, pelatihan dan masterclass, konsultasi bisnis, serta kesempatan berjejaring.

"Alibaba Cloud berkomitmen untuk lebih banyak berinvestasi di Indonesia dalam beberapa inisiatif, termasuk pada pelatihan talenta digital dan dukungan pada komunitas startup dan developer," kata Leon.

Melalui program ini, startup akan bisa berjejaring dengan pengusaha mulai dari perusahaan unicorn, rising startups, akselerator, dan perusahaan-perusahaan modal ventura.

Peserta yang terdaftar akan menerima bimbingan dari para perusahaan sejumlah startup yang telah mapan seperti Kopi Kenangan, ADVANCE.AI, DANA, Xendit, NovelMe, Prosa.AI, hingga Eva Recruitment Solution by HashMicro. Kemudian, sejumlah perusahaan modal ventura seperti East Ventures dan Skystar Capital juga terlibat.

Dalam program ini, startup yang terdaftar berhak mendapatkan kupon hingga US$ 50.000 atau Rp 731 juga. Selain itu, peserta mendapatkan akses ke sumber daya ekosistem lokal milik Alibaba Cloud.

Startup yang terdaftar juga bisa mengikuti Alibaba Cloud Demo Day pada Agustus. Para pemenang akan mendapatkan US$ 60.000 atau Rp 878 juta serta akses untuk mendapatkan peluang ke investasi global.

 

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait