Atasi Dampak Perubahan Iklim, FIFGROUP Tanam 33 Ribu Pohon Tahun Ini

FIFGROUP telah menanam 80.564 pohon dalam kurun waktu 2011 hingga Mei 2021
Ameidyo Daud Nasution
21 Januari 2022, 23:09
perubahan iklim, astra international, pohon, fifgroup
Katadata
Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP Margono Tanuwijaya (tengah) yang didampingi oleh Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati (kiri), menyerahkan pohon kepada Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203 Letkol Inf. Amaraldo Cornelius (kanan) pada Jumat, 21 Januari 2022. Foto; FIFGROUP

PT Federal International Finance (FIFGROUP) memulai gerakan menanam 33 ribu pohon sepanjang 2022 pada Jumat (21/2). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-33 anak perusahaan PT Astra International Tbk itu. 

Acara digelar secara simbolis di Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kemuning, Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten. Adapun penanaman tahap satu dilakukan secara serentak di 10 titik yang ada di seluruh Indonesia.

 

Rangkaian acara ini juga dihadiri oleh Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP Margono Tanuwijaya, Human Capital, General Support, & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati, Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP Yulian Warman, serta Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203 Letkol Inf. Amaraldo Cornelius.

Advertisement

Margono mengatakan bahwa program ini dilakukan FIFGROUP untuk mengatasi dampak dari perubahan iklim. Ia lalu menjelaskan, dari data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kondisi pemanasan global saat ini ada di angka rata-rata 1,1 derajat celsius. 

"Dengan aksi ini diharapkan dapat melindungi dan memulihkan penggunaan berkelanjutan ekosistem darat, mengelola hutan secara berkelanjutan, mengembalikan degradasi tanah, serta menghambat hilangnya kenekaragaman hati," kata Margono dalam keterangan tertulis FIFGROUP, Jumat (21/1).

Pada tahap pertama, perusahaan pembayaan kendaraan bermotor ini menargetkan penanaman 3.300 atau 10% dari target penanaman pohon. Sedangkan untuk tahap selanjutnya, 235 cabang perusahaan di Indonesia akan melaksanakan penanaman secara bertahan di 10 titik.

Rinciannya, sebanyak 4.000 pohon akan ditanam pada Februari, Maret sebanyak 3.400 pohon, dan April sebanyak 3.300 pohon. Kegiatan akan dilanjutkan pada Juni hingga November 2022 dengan penanaman 3.300 pohon setiap bulannya.

"Dilakukan di daerah-daerah rawa bencana seperti banjir dan tanah longsor," demikian keterangan tertulis FIFGROUP.

Dalam penanaman di Batalyon Infanteri Mekanis 203, dipilih empat jenis pohon buah antara lain mangga, durian, alpukat, dan kepel dengan total 275 pohon. Sedangkan pihak Yonif Mekanis menanam 711 pohon. "Pohon-pohon ini akan melindungi generasi anak cucuk kita di masa depan, " kata Letkol Amaraldo.

Sedangkan, tahun lalu perusahaan telah menanam 8.498 pohon di 62 titik. Sebanyak 4.500 di antaranya adalah pohon endemik dan 3.998 merupakan pohon yang langka.

Secara total, dalam kurun waktu 2011-Mei 2021, FIFGROUP telah menanam 80.564 pohon. Targetnya, hingga akhir tahun ini perusahaan telah menanam lebih dari 113 ribu pohon.

 

 

 

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait