Mengenal Jenis-jenis Tenaga Kerja dari Berbagai Aspek

Freepik
Ilustrasi, tenaga kerja.
Editor: Agung
8/9/2023, 16.49 WIB

Dalam menjalankan perusahaannya, pebisnis memerlukan tenaga kerja sebagai salah satu faktor penting untuk membantu menghasilkan produk yang memiliki nilai jual.

Berdasarkan undang undang nomor 13 tahun 2003 Ketenangakerjaan, tenaga kerja merupakan seorang individu yang melakukan pekerjaan untuk menghasilkan jasa ataupun barang. Seseorang baru bisa dikategorikan sebagai seorang tenaga kerja jika sudah berusia antara 15 tahun sampai dengan 64 tahun.

Tenaga kerja sendiri terbagi menjadi beberapa yang dapat diihat dari berbagai aspek. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Jenis-jenis Tenaga Kerja

Berikut ini informasi lengkap mengenai jenis-jenis tenaga kerja berdasarkan berbagai aspek tertentu.

Tenaga Kerja (Pexels)

1. Menurut Kemampuannya

Macam-macam tenaga kerja menurut kemampuannya dibagi menjadi 3 macam, yaitu tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, dan tenaga kerja tidak terdidik.

  • Tenaga Kerja Terdidik

Tenaga kerja terdidik merupakan tenaga kerja yang memiliki riwayat pendidikan tinggi yang biasanya maksimal telah lulus dengan predikat S1.

Contoh golongan tenaga kerja terdidik adalah dokter, guru, dosen, insinyur, TNI, Polri, dan masih banyak lagi.

  • Tenaga Kerja Terlatih

Tenaga kerja terlatih biasanya mengandalkan keterampilan dan kemampuan khusus yang dimilikinya.

Biasanya, tenaga kerja terlatih tidak hanya memiliki riwayat pendidikan yang tinggi. Meskipun demikian, tenaga kerja terlatih memiliki daya tangkap dan keterampilan khusus yang sangat baik.

  • Tenaga Kerja Tidak Terdidik

Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang tidak perlu memiliki riwayat pendidikan tinggi. Mereka juga tidak memiliki keharusan untuk memiliki keterampilan khusus karena biasanya perusahaan hanya merekrut lulusan SD atau SMP.

2. Menurut Jenis Pekerjaannya

Tenaga Kerja Lapangan

Tenaga kerja lapangan adalah tenaga kerja yang tugasnya berada di lapangan. Biasanya, yang tergolong tenaga kerja lapangan adalah bagian marketing atau pemasangan di lapangan.

Tenaga Kerja Pabrik

Tenaga kerja pabrik adalah mereka yang bekerja di sebuah pabrik. Misalnya, seorang buruh pabrik yang ditempatkan di lokasi produksi.

Tenaga Kerja Kantor

Tenaga kerja kantor adalah mereka yang bekerja dalam sebuah kantor atau instansi atau perusahaan.

Contoh dari tenaga kerja kantor antara lain tenaga kerja administrasi, tenaga kerja HRD, tenaga kerja akunting, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan Hubungan dengan Produk

  • Tenaga Kerja Langsung

Tenaga kerja langsung merupakan tenaga kerja yang kerjanya langsung bersentuhan atau berhubungan dengan barang atau jasa.

Misalnya, karyawan pabrik pada bagian produksi barang, pegawai salon, penyanyi, dan lain sebagainya.

Halaman: