Tren Positif Produksi Migas PHE, Capai 1,05 Juta BOEPD hingga Mei 2024

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Seapup 1 Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) saat perawatan salah satu sumur minyak dan gas di lepas pantai utara Indramayu, Laut Jawa, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).
Penulis: Mela Syaharani
5/7/2024, 15.58 WIB

Pertamina Hulu Energi (PHE) melaporkan bahwa produksi migas mencapai 1,05 juta barel setara minyak per hari (BOEPD) hingga Mei 2024. Angka ini terdiri atas produksi minyak 556 ribu barel minyak per hari (BOPD) dan produksi gas 2.853 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Jika dibandingkan dengan capaian kuartal I 2024, terdapat penambahan produksi 100 ribu BOEPD. Sebab menurut paparan PHE pada awal Mei lalu disebutkan bahwa produksi migas mereka mencapai 1,04 juta BOEPD.

Direktur Utama PHE, Chalid Said Salim mengatakan PHE juga terus menggali potensi migas sebagai langkah untuk mencapai target produksi yang sudah ditentukan. “PHE juga mampu mencapai tambahan sumberdaya 2C sebesar 253 juta barel setara minyak,” kata Chalid dalam siaran pers, dikutip Jumat (5/7).

Chalid juga melaporkan bahwa PHE mampu mencatatkan capaian eksplorasi yang menggembirakan. “PHE berhasil menemukan beberapa potential big fish antara lain Ambar, SSD, Tedong, West Beluga dan Yaki Emas,’’ ujar Chalid.

Selain itu, Chalid menyebut hingga Mei 2024 PHE telah menyelesaikan kerja pengeboran 5 sumur eksplorasi, 278 sumur pengembangan, 381 workover dan 14.386 well services menggunakan 70 drilling rigs dan 139 WI rigs.

Chalid mengatakan selama 2023, PHE berhasil mendapatkan 3 blok eksplorasi baru yaitu Blok East Natuna, Blok Peri Mahakam dan Blok Bunga. Adapun dari aspek merger dan akuisisi, PHE mencatatkan penambahan Participating Interest (PI) 10% di Irak, perpanjangan blok Algeria dan akuisisi 20% PI di Masela.

Pada awal 2024, Subholding Upstream melalui PT Pertamina Malaysia Eksplorasi Produksi (PMEP) bersama mitra berhasil memenangkan lelang blok eksplorasi SK510 melalui Malaysia Bid Round ("MBR") 2023.

PHE melalui PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP), PT Elnusa Tbk dan dan Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) juga telah meneken MoU kerja sama luar negeri bersama yang bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan memberdayakan anak perusahaan hulu dalam kerja sama internasional.

Chalid juga mengatakan bahwa PHE melalui capaian PDSI yang berhasil membawa jackup rig ‘Emerald Driller’ yang sudah tiba di laut Jawa untuk digunakan dalam proyek pengeboran offshore PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) dan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Reporter: Mela Syaharani