Nilai Transaksi Hari Belanja Online 2016 di Bawah Target

Arief Kamaludin|Katadata
Penulis: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
19/12/2016, 16.57 WIB

Gelaran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 yang berlangsung 12-14 Desember 2016 mendulang transaksi hingga Rp 3,3 triliun per hari. Angka itu “hanya” naik 1,2 triliun atau 57,14 persen dari Harbolnas tahun 2015 sebesar 2,1 triliun per hari.

Angka tersebut jauh dari pernyataan panitia menargetkan kenaikan transaksi hingga tiga kali lipat dari tahun lalu. “Memang dari sisi nilai estimasinya tidak seperti awal,” Kata Rusdy Sumantri, Direktur PT The Nielsen Indonesia di Jakarta (19/12/2016).

(Baca juga: Rp 6 Triliun, Target Transaksi di Hari Belanja Online)

Baik Harbolnas tahun ini maupun tahun lalu sama-sama digelar tiga hari pada pertengahan Desember. Sebelumnya, Harbolnas digelar pada 10-12 Desember 2015 lalu.

Seperti diketahui, tahun ini Harbolnas diikuti oleh 211 e-commerce dari berbagai kategori. Dalam Harbonas, e-commerce ini tidak tanggung-tanggung menawarkan diskon bombastis, hingga 95 persen. Hanya saja, banyak konsumen kecewa atas promosi yang ditawarkan.

(Baca juga: Mayoritas Konsumen Kecewa Tawaran Promosi Hari Belanja Online)

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman