Konser Blackpink Bawa Berkah, Pedagang Atribut Untung Rp 2 Juta Sehari

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Pedagang menawarkan pernak-pernik bertema Blackpink kepada fans saat penukaran tiket konser Blackpink World Tour (Born Pink) Jakarta di Kawasan Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (9/3/2023). Blackpink akan menggelar konser yang bertajuk Blackpink World Tour (Born Pink) Jakarta pada tanggal 11 dan 12 Maret 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).
13/3/2023, 09.21 WIB

Konser Girl Band asal Korea Selatan Blackpink membawa berkah bagi pedagang dadakan yang menjual aksesoris maupun atribut. Konser tersebut berlangsung selama dua hari di Stadion Gelora Bung Karno atau GBK, Jakarta Pusat, pada 11-12 Maret 2023.

Pedagang tersebut berjualan di sekitar venue. Adapun aksesoris dan atribut yang dijual oleh para pedagang tersebut yaitu mulai dari kipas, photo card, gantungan, bando, gelang, stiker yang semuanya menggambarkan anggota Blackpink.

Para pedagang aksesoris dan atribut menjualnya mulai dari harga Rp 20.000 hingga ratusan ribu rupiah. Dagangan tersebut laris manis dan laku terjual oleh fans yang antusias ingin menyaksikan pertunjukan langsung dari girl band kesayangannya.

Salah satu pedagang aksesoris dan atribut di konser Blackpink, Anisa Larasati mengatakan dirinya bisa mendapatkan keuntungan hingga mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta rupiah jika dagangannya laku terjual dengan banyak.

"Kalau rame biasanya keuntungannya sampai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta, tapi kalau sepi cuma Rp 500 ribu saja," ujarnya kepada Katadata.co.id, di GBK, Jakarta Pusat, Minggu (12/3).

Anisa mengatakan, dirinya sudah lama berjualan aksesoris dan atribut setiap kali konser girlband atau boyband asal Korea Selatan digelar. Pasalnya, keuntungan berjualan di konser tersebut jauh lebih banyak dibandingkan band Indonesia atau band luar negeri lainnya.

"Kalau konser Kpop pasti saya semangat, karena dari fansnya banyak yang beli atribut sama aksesoris, tapi kalau konser biasa yang bukan Kpop itu keuntungannya biasa aja," ujarnya 

Dia mengatakan, berjualan atribut dan aksesoris sudah sejak Sabtu pada konser hari pertama Blackpink digelar. Pada hari pertama, dia bisa menjual 400 pcs aksesoris.

"Iya jualannya dari hari pertama konser, Alhamdulillah kemarin aja yang terjual ada 400 pieces lebih, kipas paling laku, apalagi hari ini juga makin ramai," kata dia.

Jasa Penitipan Barang

Sementara itu, pedagang aksesoris dan atribut Blackpink lainnya, Hamida, juga merasakan keuntungan yang besar. Terlebih, dirinya juga membuka jasa penitipan barang seperti tas ransel atau koper bagi para fans dari luar kota.

"Keuntungan dari berjualan atribut ini kurang lebih Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta. Tapi saya buka jasa penitipan barang, jadi seluruhnya bisa untung sampai Rp 3,5 juta sehari," ujarnya kepada Katadata.co.id, Minggu (13/3).

Dia mengatakan, untuk jasa penitipan barang satu tas ransel dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 per tas, sedangkan untuk koper dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 per koper. Barang penitipan tersebut akan dijaga olehnya sampai konser selesai.

Sedangkan untuk harga atribut dan aksesoris dijual dengan harga yang sama yakni mulai dari Rp 20.000 hingga ratusan ribu rupiah, "sama kalau atribut dan aksesoris harganya ikutan dengan pedagang lainnya," ujarnya.

Adapun harga untuk harga aksesoris dan atribut tersebut yakni, kipas kecil dijual Rp 25.000, kipas ukuran besar dijual Rp 100.000, kaos bergambar anggota Blackpink dijual sekitar Rp 150.000, satu photocard dijual Rp 35.000-Rp 50.000, gelang dijual sekitar Rp 20.000-Rp 35.000, dan bando seharga Rp 35.000.

Sebagai informasi, konser BlackPink bertajuk World Tour Born Pink in Jakarta itu berlangsung selama dua hari yakni 11-12 Maret 2023. iMe Indonesia selaku promotor dari konser tersebut, dan diselenggarakan langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Konser girlband asal Korea Selatan ini menjadi kedua kalinya menggelar konser tunggal dua hari di Indonesia. Mereka sebelumnya juga pernah menggelar konser serupa pada 19 dan 20 Januari 2019 di ICE BSD City, Tangerang.

Indonesia menjadi negara keempat terbesar yang paling banyak menonton video musik Blackpink, girlband asal Korea Selatan. Youtube Music Chart mencatat sebanyak 55,7 juta tayangan Blackpink yang ditonton di Indonesia dalam 28 hari terakhir dari 17 Agustus hingga 13 September 2021. 

Reporter: Nadya Zahira