Pengusaha ternama Boy Thohir dan Anthony Salim akan menjadi tuan rumah pertemuan antara pengusaha besar Indonesia dengan Arab Saudi, malam ini, Selasa (30/5) pukul 19.00 WIB. Pengusaha yang hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya Chairul Tanjung, pemilik Makkah Mall dan pemilik Jeddah Mall.

Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, dalam acara Indonesia-Saudi Arabia Business Forum and Networking, Jakarta, Selasa (30/5). Dia mengatakan, pertemuan antara pengusaha-pengusaha besar dari Indonesia dan Arab Saudi itu bertujuan untuk meningkatkan realisasi nilai perdagangan antara kedua negara yang dinilai masih belum optimal.

"Tuan rumahnya nanti pak Boy Thohir dan pak Anthony Salim. Jadi para pengusaha bisa melakukan pertemuan sesuai dengan bidangnya masing-masing," ujar Zulhas dalam acara Indonesia-Saudi Arabia Business Forum and Networking, Jakarta, Selasa (30/5).

Dalam pertemuan tersebut, Zulhas mengundang sejumlah pengusaha Arab Saudi di antaranya pemilik dari Makkah Mall dan Jeddah Mall. Zulhas juga mengundang pengusaha taipan Indonesia seperti pemilik Transmart Chairul Tanjung.

Dia berharap, pengusaha ritel dari kedua negara dapat langsung bermitra. Hal itu diharapkan dapat mengembangkan perdagangan kedua negara. 

Indonesia Selalu Defisit dengan Arab Saudi

Zulhas mengatakan, realisasi nilai perdagangan Indonesia dengan Arab Saudi masih minim. Nilai tersebut kalah dibandingkan tingkat perdagangan Arab Saudi dengan Vietnam, atau negara lainnya seperti Thailand dan Tiongkok.

"Orang AS, Eropa, Tiongkok, Vietnam, Thailand banyak yang berbisnis dengan Arab Saudi, kok pengusaha besar Indonesia tidak ada?" kata pria yang akrab disapa Zulhas tersebut dalam acara Indonesia-Saudi Arabia Business Forum and Networking di Jakarta, Selasa (30/5).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira