Serba-serbi Pernikahan Super Mewah Keluarga Ambani: Habiskan Triliunan

Katadata
Pitera Bungsu Mukesh Ambani, Anant Ambani dan pasangannya Radhika Merchant menggelar pernikahan super mewah.
Penulis: Agustiyanti
13/7/2024, 14.24 WIB

Pernikahan super mewah putra bungsu orang terkaya dunia Mukesh Ambani, Anant Ambani dengan Radika Merchant menjadi sorotan tak hanya di India tetapi seluruh dunia. Biaya yang dihabiskan untuk menggelar pesta pernikahan mencapai ratusan juta dolar AS atau triliunan rupiah.

Keduanya akhirnya menikah pada Jumat (12/7) setelah pesta berbulan-bulan sejak pertunangan keduanya pada Desember 2023. Mengutip The Guardian, pesta yang berlangsung selama lima bulan diperkirakan menghabiskan biaya mencapai US$ 600 juta atau sekitar Rp 9,7 triliun.

Mukesh Ambani merupakan orang terkaya di India dan masuk dalam jajaran 10 besar orang terkaya dunia pada 2024 versi majalah Forbes. Total kekayaannya mencapai US$ 120 miliar. 

Apa saja yang menarik dari pernikahan super mewah keluarga Ambani?

Pesta Berbulan-bulan Keluarga Ambani Sebelum Pernikahan 

Pesta pernikahan yang digelar selama tiga hari pada Jumat (12/7) hingga Minggu (14/7) adalah akhir dari pesta berbulan-bulan yang digelar keluarga Ambani. Mengutip CNN, pesta dimulai dengan pertunangan Anant Ambani dengan Radika Merchant pada Desember 2023. Lamaran saat itu dirahasiakan dan hanya dihadiri keluarga kecil. 

Pesta pertunangan baru diadakan sebulan kemudian pada Januari 2024. Mereka mengelar upacara tradisional “mehndi” pada tanggal 18 Januari yakni menghiasi tangan dan kaki calon perempuan dengan pacar. Keesokan harinya pasangan ini mengadakan pesta pertunangan “Gol Dhana”. Dalam pesta tersebut, beberapa nama besar di Bollywood seperti Aishwarya Rai Bachchan, Deepika Padukone dan Ranveer Singh hadir. 

Keduanya lalu menggelar pesta pra-wedding. Acara yang digelar di kota Jamnagar ini dihadiri 1.200 orang. menampilkan koreografi tarian gaya Bollywood, kembang api, dan pesta 500 hidangan yang dimasak oleh sekitar 100 koki. Malam itu bahkan Rihanna tampil untuk kedua kalinya dalam enam tahun terakhir. 

Acara ini memperlihatkan siapa yang kaya dan berkuasa. Miliarder teknologi Mark Zuckerberg dan Bill Gates hadir di sana, masing-masing mengenakan mantel tradisional Kashmir – sementara Ivanka Trump dan suaminya Jared Kushner tiba bersama putri mereka. Menjelang pesta, keluarga Ambani juga mengadakan makan malam bersama untuk lebih dari 50.000 penduduk desa di luar Jamnagar.

Pesta dilanjutkan pada Mei di kapal pesiar Eropa.Keluarga Ambani berangkat dalam pelayaran Eropa selama empat hari dengan kapal sewaan mewah, dimulai di kota Palermo di Sisilia dan berakhir di Roma. Meskipun ada kebijakan dilarang menggunakan telepon yang diatur ketat, video media sosial yang bocor menunjukkan bahwa ada konser di dek kapal tersebut yang terdiri dari Backstreet Boys, Pitbull, dan David Guetta.

Dalam penghentian perjalanan kapal pesiar tersebut, ada pula pesta topeng di mansion Chateau de la Croix des Gardes di Cannes yang menampilkan pertunjukan Katy Perry. 

Pada 2 Juli, pasangan tersebut mengadakan pernikahan massal yang dikenal “Samuh Vivah,” di kota Palghar, sekitar 70 mil dari Mumbai. Lebih dari 50 pasangan kurang mampu diundang untuk menerima hadiah, mulai dari perhiasan emas hingga belanjaan senilai satu tahun.

Beberapa hari kemudian, di Pusat Kebudayaan Nita Mukesh Ambani,  keluarga Ambani mengadakan malam musik dan tarian tradisional, yang dikenal sebagai “sangeet,” yang menampilkan pertunjukan langsung dari Justin Bieber.

Pada 8 Juli, pasangan tersebut mengambil bagian dalam upacara “haldi”, sebuah ritual pranikah yang secara tradisional menampilkan teman dan keluarga memberkati pasangan yang menikah dengan mengoleskan pasta kunyit ke kepala, wajah, atau tubuh mereka. Pasangan tersebut tampaknya merahasiakan acara tersebut, meskipun foto-foto yang kemudian dibagikan secara online menunjukkan pasangan tersebut mengenakan pakaian emas dan kuning yang saling melengkapi.

Pesta berbulan-bulan itu diperkirakan menelan biaya mencapai US$ 600 juta atau sekitar Rp 9,7 triliun. Namun, biaya tersebut hanya menghabiskan 0,5% kekayaan Ambani yang mencapai US$ 120 miliar. 

Pesta pernikahan sendiri digelar pada Jumat (12/7) di Jio World Convention Center yang berkapasitas 16.000 orang, lengkap dengan karpet merah untuk menampilkan para peserta papan atas yang mengenakan pakaian klasik India.

Sehari setelah pernikahan, mereka dijadwalkan menggelar pernikahan Hindu: “Shubh Ashirwad,” atau upacara pemberkatan ilahi. Di sini, pasangan tersebut meminta “Ashirwad,” atau berkah, dari para tetua di komunitas mereka dan biasanya dihujani kelopak mawar atau nasi saat berjalan menuju pelaminan lagi.

Perayaan raksasa ini diakhiri pada hari Minggu dengan satu perayaan terakhir bagi pasangan tersebut: “Mangal Utsav,” atau resepsi. Para tamu telah mengenakan pakaian “gaya India”. Acara Sabtu dan Minggu diperkirakan berlangsung di kediaman 27 lantai keluarga Ambani, Antilia.

Tamu Undangan Pernikahan Keluarga Ambani: 

Setelah pesta berbulan-bulan itu, acara pernikahan digelar pada Jumat (12/7) di Jio World Convention Center yang berkapasitas 16.000 orang. Gedung dilengkapi karpet merah untuk menampilkan para peserta papan atas yang mengenakan  pakaian klasik India sesuai aturan. 

Tamu yang hadir pun beragam, mulai dari para politisi India dan dunia, para aktor Bollywod dan Hollywod, hingga para konglomerat dunia. Perdana Menteri India Narendra Modi, akan hadir sebentar, meski ia tidak secara resmi ada dalam daftar tamu.

Mantan perdana menteri Boris Johnson dan Tony Blair terbang untuk hadir, sementara David dan Victoria Beckham juga ada dalam daftar tamu bersama bintang-bintang terbesar Bollywood seperti Shah Rukh Khan. Kim dan Khloé Kardashian juga ada di antara para tamu, memposting video mereka sedang berkeliling Mumbai dengan becak sebelum perayaan dimulai. 

Kehadiran Ratusan Jet Pribadi 

Mengutip Reuters, CEO perusahaan charter udara Club One Air mengonfirmasi bahwa keluarga Ambani telah menyewa tiga jet pribadi Falcon 2000 mereka untuk mengangkut tamu ke lokasi pernikahan. Ia juga memperkirakan lebih dari 100 pesawat pribadi akan digunakan selama perayaan pernikahan tersebut. 

"Para tamu datang dari seluruh penjuru dan setiap pesawat akan melakukan beberapa perjalanan di seluruh negeri," katanya.

Bagi sebagian warga Mumbai, media sosial dipenuhi dengan keluhan. "Kok bisa jadi acara publik? Terkejut dengan perlakuan khusus atas penderitaan masyarakat biasa," tanya salah satu pengguna di X.