Cara Mengambil Uang dari YouTube melalui Western Union dan Transfer

Pixabay
Ilustrasi YouTube.
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Intan
5/12/2022, 16.52 WIB

YouTube memberikan fasilitas kepada penggunanya agar bisa memonetisasi penghasilan dari video yang diunggah. Namun, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara mengambil uang dari YouTube?

Terdapat tiga cara untuk mencairkan uang dari YouTube. Mulai dari melalui Western Union, transfer bank, dan cek.

Kali ini, Katadata.co.id akan memberitahu langkah-langkahnya. Khususnya untuk Anda yang ingin mulai aktif membuat video di YouTube, simak tulisan berikut ini.

Cara Mengambil Uang dari YouTube dari Western Union

Western Union merupakan penyedia layanan pengiriman uang antar negara yang tersebar secara meluas di Indonesia, khususnya kota besar. Anda bisa mengambil uang dari YouTube melalui Western Union, berikut ini adalah langkah-langkahnya.
1. Lengkapi dokumen kartu identitas (KTP/SIM)
2. Pastikan nama asli sesuai dengan akun AdsSense
3. Cetak bukti pembayaran dari Google di akun AdSense
4. Dapatkan kode MTCN atau PIN
5. Datang ke kantor western union terdekat
6. Isi formulir western union

Cara Mengambil Uang dari YouTube melalui Transfer Bank

1. Masuk ke akun AdSense
2. Pada panel navigasi kiri, klik Pembayaran
3. Klik Tambahkan metode pembayaran
4. Pilih tombol radio untuk ‘Transfers bank ke rekening bank’
5. Klik Lanjutkan
6. Masukkan informasi rekening bank dan klik Konfirmasi dan lanjutkan

Syarat Mencairkan Uang dari YouTube

Sebelum berpikir untuk mengambil uang dari YouTube, sebaik Anda mengetahui apakah uang tersebut bisa diambil atau tidak. Hal tersebut lantaran adanya syarat mencairkan uang dari YouTube. Dilansir dari situs Ajaib, berikut ini adalah penjelasannya:

1. Video YouTube harus dimonetisasi agar terkoneksi dengan Google AdSense
2. Koneksikan akun YouTube dan AdSense
3. Akun Google AdSense harus sudah terverifikasi
4. Uang bisa ditarik ketika nominalnya sudah US$ 100 atau Rp 1,4 juta.

Cara Tingkatkan Penghasilan dari Google AdSense

1. Optimalkan Keywords dan Tags
Selain isi video, hal lain yang sangat mempengaruhi algoritma masuknya video atau tidak adalah kata kunci dan penandaan. Penggunaan kata atau kalimat sangat berpengaruh terhadap jangkauan calon penonton terhadap video Anda. Maka dari itu, buatnya kata kunci dan penandaan yang jelas, singkat, dan to the point.

2. Unggah Video Secara Konsisten
Mengunggah video secara konsisten juga menjaga jumlah Ads yang masuk ke video Anda. Optimalnya, unggahan video dilakukan setiap minggu.

3. Buat Video yang Menarik
Video yang menarik merupakan kunci dari banyaknya jumlah tayangan. Anda harus memikirkan secara matang isi dari video. Termasuk tampilan dan penyuntingannya.

Terkait dengan hal tersebut, kami juga ingin membagikan beberapa ide konten video yang menarik. Dapat menjadi rekomendasi untuk Anda, berikut ini adalah daftarnya:

Ide Video YouTube

1. Video Review
Video review adalah video mengulas suatu produk. Biasanya dilakukan untuk mengulas atau mencoba teknologi baru, mainan, dan makanan. Video review juga tak kalah populer dari jenis video lainnya.
Justru mengulas suatu produk akan sangat membantu penonton yang penasaran dan ingin turut mencoba. Untuk menggaet jumlah penonton yang tinggi, Anda bisa mengulas barang yang sedang populer dan tidak semua orang bisa menjangkaunya.

Adapun kanal YouTube review barang yang terkenal di Indonesia contohnya adalah GadgetIn. Diketahui bahwa kanal tersebut banyak mengulas barang elektronik terbaru. Misalnya seperti iPhone dan ponsel Samsung keluaran terbaru.

Halaman: