Upaya memitigasi paparan virus corona terus diupayakan oleh perusahaan jasa transportasi, salah satunya PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I. Direktur Pemasaran & Pelayanan AP I Devy Suradji menyatakan, pihak API I merespons pandemi virus corona dengan beberapa langkah.
Pertama, bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan di tiap bandara AP I untuk memeriksa penumpang internasional dan domestik melalui pengecekan suhu tubuh dengan thermal scanner dan thermal gun.
Kedua, AP I mengalokasikan tambahan 100 unit thermal gun untuk petugas di lapangan, untuk meningkatkan pengawasan terhadap kondisi kesehatan penumpang di bandara. AP I juga mensosialisasikan bahaya virus corona dan pencegahannya kepada seluruh penumpang, melalui penayangan digital poster pada giant wall di area publik.
Sementara itu, AP I aktif menginstruksikan kepada petugas pemeliharaan untuk melakukan pembersihan berulang secara menyeluruh pada fasilitas, peralatan dan perangkat yang digunakan di ruang publik di lingkungan bandara dan kantor AP I.
"Fasilitas-fasilitas ini mencakup toilet, seluruh bangku di terminal, kids zone, reading corner, nursery room, internet corner, handgrip eskalator, tombol lift, tombol di kiosk check-in, trolley, dan lainnya," ujar Devy kepada Katadata.co.id, Selasa (17/3).
(Baca: Pemerintah Larang WNA yang Pernah ke 6 Negara Masuk Indonesia)