10 Daftar Jembatan Terpanjang di Indonesia

kppip.go.id
Jembatan terpanjang di Indonesia adalah jembatan Suramadu
Editor: Safrezi
31/1/2022, 12.03 WIB

Jembatan penting untuk penghubung antara satu daerah ke daerah lain. Indonesia memiliki jembatan terpanjang yaitu jembatan Suramadu. Jembatan ini menghubungkan antara pulau Jawa (di Surabaya) dan pulau Madura.

Jembatan Suramadu (Surabaya Madura) dibangun diatas selat Madura. Jembatan ini dibangun tahun 2003, kemudian selesai di tahun 2009. Butuh waktu 6 tahun untuk menyelesaikan pembangunan jembatan.

Panjang jembatan Suramadu adalah 5.438 meter dan lebar 30 meter kini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan Suramadu digunakan sebagai jalur penghubung kendaraan.

Indonesia juga memiliki jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, yaitu jembatan Gantung Situ Gunung. Mengutip dari kemenkeu.go.id, tinggi jembatan sekitar 107 meter di atas sungai dan panjangnya 243 meter.

Jembatan yang dibangun di Sukabumi ini dipakai sebagai wisata alam dan penghubung antar wilayah. Anda bisa menikmati pemandangan alam di pegunungan dan udara sejuk.

Daftar Jembatan Terpanjang Di Indonesia

Berikut urutan jembatan terpanjang di Indonesia, mengutip dari ilmupengetahuanumum.com:

1. Jembatan Suramadu

ARUS MUDIK DI JEMBATAN SURAMADU (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww.)

Jembatan Suramadu diresmikan bulan Juni 2009 yang menghubungkan Surabaya dan pulau Madura. Nama resmi yaitu Jembatan Nasional Suramadu. Jembatan ini terdiri dari jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama. Panjang jembatan ini mencapai 5.438 meter dan lebarnya 30 meter

2. Jembatan Pasupati

Jembatan Pasupati berada di bagian utara dan Timur Kota Bandung. Jembatan ini panjangnya 2.127 meter dan lebarnya 21,53 meter. Jembatan Pasupati dibuka untuk umum mulai Juni 2005. Jembatan ini melewati lembah Cikapundung.

3. Jembatan Siak IV

Nama resmi jembatan Siak adalah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan ini terbentak di atas sungai Siak, Riau yang diresmikan tahun 2007. Panjang jembatan Siak yaitu 1.196 meter dan lebarnya 16,95 meter. Ada dua menara di jembatan yang tingginya mencapai 80 meter. Menara ini digunakan untuk tempat wisata menikmati keindahan sungai di bawah jembatan.

4. Jembatan Merah Putih

JEMBATAN MERAH PUTIH AMBON (ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah/wpa/aww.)

Jembatan Merah Putih terletak di atas Teluk Dalam Pulau Ambon, Maluku. Diresmikan tahun 2016, panjang jembatan ini adalah 1.140 meter dan lebarnya 22,5 meter.

Jembatan ini dibagi tiga bagian yaitu sisi utara sepanjang 520 meter, sisi selatan sepanjang 320 meter, dan jembatan utama 300 meter. Jembatan Merah Putih menghubungkan Ambon Utara dan Ambon Selatan di Kecamatan Teluk Ambon.

Adanya jembatan ini mempermudah masyarakat untuk menempuh jarak 35 km dalam waktu 60 menit ke Bandara. Selain itu pengunjung bisa menikmati pemandangan di sekitar Teluk Ambon.

5. Jembatan Ampera

PUSAT KOTA PALEMBANG TANPA SHALAT ID (ANTARA FOTO/Feny Selly/foc.)
 

Jembatan Ampera berada di kota Palembang, Sumatera Selatan. Panjang jembatan mencapai 1.117 meter dan lebarnya 22 meter. Tinggi jembatan adalah 11,5 meter diatas permukaan laut, sementara tinggi menara mencapai 63 meter dari tanah.

Mengutip dari palembang.go.id, jembatan Ampera dibangun tahun 1962 memakai biaya pembangunan dari rampasan perang Jepang.

Jembatan bangunan melintasi sungai Musi di Palembang. Jembatan ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan sungai Musi.

6. Jembatan Barito

Panjang jembatan Bariot adalah 1.082 meter yang melintasi sungai Barito dan pulau kecil (pulau Bakut). Jembatan Barito diresmikan tahun 1997 oleh Presiden Soeharto. Ketika itu, jembatan menjadi rekor Muri sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

Jembatan Barito digunakan sebagai jembatan penghubung antara Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Selain itu Jembatan Bariot menjadi tempat wisata di Kabupaten Barito Kuala, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

7. Jembatan Mahakam Ulu (Mahulu)

Jembatan Mahakam Hulu memiliki panjang 789 meter dan lebar 11 meter. Lokasi Jembatan berada di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Jembatan ini dibangun diatas sungai Mahakam yang menghubungkan kota Samarinda dan Samarinda Seberang.

8. Jembatan Rumpiang

Jembatan Rumpiang menghubungkan kota Banjarmasin dan kota Muarabahan, Kalimantan Selatan. Jembatan ini diresmikan pada April, 2008. Panjang jembatan adalah 753 meter yang terbentang di atas sungai Barito.

9. Jembatan Kutai Kartanegara (Mahakam II)

Jembatan Kutai Kartanegara (Mahakam II) (humas.kukarkab.go.id)
 

Jembatan Kutai Kartanegara memiliki nama resmi yaitu Jembatan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Jembatan ini berada di atas sungai Mahakam yang panjangnya 710 meter. Jembatan ini berada di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

10. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang berada di Batam, kepulauan Riau. Panjang jembatan ini mencapai 642 meter. Jembatan ini menghubungkan antar pulau seperti pulau Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.