Salah satu pembahasan dalam pengantar ilmu ekonomi adalah ekonomi mikro. Secara sederhana, ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari tentang kurva permintaan dan penawaran.
Mempelajari eonomi mikro juga dapat membantu kita memahami hubungan antara perubahan upah, pola pekerjaan yang sesuai serta memahami variabel biaya dalam suatu produksi barang dan jasa.
Penjelasan Singkat Tentang Ekonomi Mikro
Ekonomi mikro kerap kali menjadi aspek penting untuk mempelajari perilaku pada setiap produsen dan konsumen juga penentuan kuantitas faktor input, serta barang atau jasa apa saja yang kemudian akan diperjual-belikan dengan mengacu pada harga pasar.
Ada sejumlah aspek penting yang menjadi nilai analisis dalam memandang ekonomi mikro, seperti model-model pasar, industri, analisis manfaat, teori permintaan, analisis biaya, dan penawaran. Tidak hanya itu, ekonomi mikro juga berperan dalam membuat Kebijakan perusahaan mengenai pengelolaan sumber daya seperti pengelolaan harga.
Dalam perusahaan juga ditemukan sejumlah kebijakan yang dapat membuat perusahaan tersebut menjadi lebih strategis dan inovatif. Ekonomi mikro sangat berperan dalam memprediksi hingga merancang strategi suatu perusahaan kedepannya. Ekonomi mikro akan mempermudah suatu perusahaan dalam memahami Perilaku, kemauan dan kebutuhan konsumen.
Penjelasan Ekonomi Mikro dari Para Ahli
1. David A. Moss
Ekonomi mikro sebagai langkah penganalisisan sebuah keputusan yang dibuat oleh individu atau kelompok mulai dari faktor-faktornya hingga ke pertimbangan akan biaya dan manfaatnya.
2. Adam Smith
Melihat adanya berbagai pertimbangan rasional dalam pengambilan keputusan yang dipilih oleh pelaku ekonomi.
3. Sadono Sukirno
Mengutip buku Ekonomi Mikro Teori Pengantar, Sadono Sukirno menyatakan bahwa pengertian ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan. Mikroekonomi sendiri berfungsi menganalisis bagaimana segala keputusan dan juga perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan juga permintaan atas barang dan jasa yang akan menentukanharga, menentukan penawaran serta juga permintaan barang dan jasa selanjutnya.
4. Marshal dan Piqou
Menurut Marshal dan Piqou, pengertian ekonomi mikro ini ialah tingkat mobilitas yang tinggi didalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi tersebut dapat langsung beradaptasi atau juga menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di pasar.
5. Mary A Marchant dan William M Snell
Ekonomi mikro merupakan kajian terkait individu, rumah tangga, dan perusahaan pengambil keputusan dalam proses ekonomi.
Ruang Lingkup Ekonomi Mikro
Dalam pola ekonomi mikro secara sederhana membentuk perilaku konsumen dan pasar di sektor individu atau perusahaan. Konsumen dan produsen sendiri merupakan individu pada setiap rumah tangga, organisasi, masyarakat, dan perusahaan.
1. Interaksi di Pasar Faktor Produksi
Dalam ekonomi mikro menurut sudut pandang penjual ditemukan bahwa produk yang memenuhi kebutuhan manusia juga membutuhkan faktor produksi dengan cara membelinya. Sementara dari sisi konsumen membutuhkan uang dalam pemebuhan kebutuhannya.
2. Perilaku Penjual dan Konsumen
Antara penjual dan konsumen keduanya harus memiliki sifat yang rasional, di mana penjual menginginkan keuntungan maksimal, dan pembeli menginginkan kepuasan optimal dari segi Kualitas dan Harga produk. Dalam menganalisis perilaku antara penjual dan pembeli, ada asumsi yang dapat diperhatikan yaitu aktivitas ekonomi antara penjual dan pembeli terjadi secara terbuka dan rasional.
3. Interaksi di Pasar Barang
Pasar merupakan tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran. Pasar juga menjadi tempat dimana penjual dan pembeli dapat bertemu untuk dapat melakukan transaksi jual-beli.
4. Industri
Dalam arus perputaran barang dan jasa dapat terbentuk. Ekonomi mikro juga menganalisis barang produksi, produsen, konsumen, dan distribusi dalam hal kemungkinan rasional dalam pengambilan keputusan ekonomi.
5. Pasar Input
Mempelajari bagaimana produsen dapat memperoleh bahan-bahan produksi dengan biaya seminimal mungkin namun menghasilkan barang atau jasa yang memiliki nilai jual tinggi.
Dari pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa ekonomi mikro dapat dijadikan dasar dalam merumuskan kebijakan perusahaan terkait harga dan upah dalam pengelolaan sumber daya. Ekonomi mikro juga mempermudah perusahaan dalam mempelajari interaksi pasar dan membentuk kebijakan perusahaan yang inovatif dan strategis berdasarkan kebijakan pemerintah.
Ekonomi mikro juga berguna dalam Menyusun Prediksi, dengan adanya ekonomi mikro, perusahaan kemudian dapat menyusun strategi atau prediksi kedepannya.
Kemudian tujuan analisis dari ekonomi mikro adalah lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat, sedangkan tujuan analisis dari ekonomi makro adalah lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.