Luhut Tak Menyangka Disambut Ramah Elon Musk saat ke Gigafactory Tesla

Katadata
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan CEO Tesla Elon Musk di Gigafactory, Tesla.
Penulis: Yuliawati
27/4/2022, 14.44 WIB

Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ke markas pabrik mobil listrik Tesla, Gigafactory di Austin, Texas pada Senin kemarin mendapat sorotan. Dalam pertemuan itu beserta CEO Tesla Inc, Elon Musk, tampak menyambut Luhut dan rombongannya dengan ramah.

Dalam unggahan di akun Instagaram, Luhut mengatakan tak menyangka mendapat sambutan ramah dan bersahabat dari Musk. Bahkan, kata Luhut, asisten Musk pun mengatakan tak biasanya dia menerima tamu seperti itu. "Antusiasme dan ketertarikan saya lihat dari wajahnya," kata Luhut, dikutip Rabu (27/4).

Luhut penasaran dengan hal yang menyebabkan Musk semangat bertemu dia dan rombongannya. Padahal, orang terkaya di dunia itu sedikit kaku dengan kebijakan industri kendaraan listrik dan pengolahan nikel di Indonesia.

Luhut menduga penyebab 'mood' baik Elon Musk antara terkait cuaca hujan yang baru turun di Texas dan faktor Presiden Jokowi. "Ataukah memang sosok Presiden Jokowi yang dianggap Elon sebagai salah satu kepala negara yang “reputable” karena terbukti mampu menjaga ekonomi Indonesia tetap stabil meski dalam situasi pandemi?"

Pertemuan antara Luhut dan Musk itu merupakan pertama kalinya secara fisik. Selama dua tahun belakangan, mereka berkomunikasi jarak jauh. 

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam, Luhut menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik di Indonesia. Merespons penjelasan Luhut, Elon menyampaikan ketertarikannya. "Ia anggap (Indonesia) sangat menjanjikan untuk men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla tentunya," kata Luhut.

Elon Musk pun antusias untuk bertemu Presiden Jokowi pada 14 Mei 2022 di perusahaan antariksa miliknya SpaceX.  Jokowi akan mengunjungi SpaceX setelah menghadiri agenda US-Asia Summit di Amerika Serikat pada 12-13 Mei 2022. "Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX," kata Luhut.  

Halaman: