Tolak KUHP Baru Hingga Upah Murah, Buruh Gelar Demonstrasi ke Istana

Youtube Pijar Official
Buruh bersiap melakukan long march menuju Istana dari Bundaran HI, Jakarta, Kamis (15/12). Foto: Tangkapan layar Youtube Pijar Official.
15/12/2022, 11.34 WIB

Ribuan buruh menggelar demonstrasi pada Kamis (15/12) untuk menolak Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) terbaru hingga upah murah. Mereka akan menggelar long march dari Bunderan HI hingga Istana Negara.

Dalam agenda yang diberikan Partai Buruh, mereka menyuarakan sembilan poin dalam demonstrasinya. Pertama adalah menolak KUHP terbaru. Kedua, menolak Undang-Undang Cipta Kerja.

"Tiga, reforma agraria dan kedaulatan pangan," demikian bunyi undangan yang diberikan Partai Buruh seperti ditulis pada Kamis (15/12).

Keempat, mendesak pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT). Kelima, menolak upah murah kepada pekerja. Keenam. menolak sistem outsourcing.

Hal ketujuh adalah memperjuangkan jaminan sosial seperti makanan, pendidikan, perumahan, air bersh, hingga pengangguran. Kedelapan, memberantas tindak pidana korupsi.

"Sembilan, usut tuntas semua kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang direkomendasikan Komnas HAM," demikian keterangan Partai Buruh.

Halaman: