DPRD Jabar Minta Polemik Pembangunan Masjid Al Jabbar Diakhiri

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Sejumlah warga berada di pelataran masjid usai peresmian Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/12/2022).
7/1/2023, 20.58 WIB

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat meminta polemik pembangunan Masjid Al Jabbar di Kota Bandung diakhiri. Ini karena masyarakat antusias dengan keberadaan rumah ibadah tersebut sehingga kontroversi anggarannya tak perlu diperpanjang.

"Seharusnya hari ini bukan bicara ke belakang, tapi bagaimana memakmurkannya," kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya di Bandung, Sabtu (7/1) dikutip dari Antara.

Abdul Jabbar menjelaskan, rencana pembangunan masjid ini awalnya dicetuskan Ahmad Heryawan saat menjadi Gubernur Jabar. Selain itu, dewan juga menerima aspirasi elemen masyarakat.

Masukannya adalah Pemprov Jabar tak memiliki masjid raya karena selama ini menumpang di Masjid Agung Bandung. Sedangkan masjid yang telah ada berada di tengah kota dan tak bisa ada pengembangan lagi.

"Ini merupakan sebuah kesepakatan kalau berbicara politik kami di dewan, kemudian direalisasikan," katanya.

Anggaran pembangunan masjid senilai Rp 1 triliun juga tidak turun sekaligus, namun secara bertahap. Ia mengatakan dewan dan Pemprov Jabar sudah menghitung secara detail.

"Saya ikut (jadi Anggota DPRD) di periode yang lalu. Kami sering mendapatkan laporan terkait progres dan kesulitannya," kata Hadi.

Halaman:
Reporter: Antara