Jokowi Ungkap Nama-Nama Konglomerat Masuk IKN: Aguan hingga Boy Thohir

Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat menyalami pemilik Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (21/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.
21/9/2023, 17.55 WIB

Presiden Joko Widodo telah memulai pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur hari ini. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat menyapa para konglomerat yang hadir.

Jokowi berterima kasih kepada para konglomerat yang masuk IKN. Pasalnya, mereka bisa menarik pengusaha dan korporasi besar lainnya untuk berinvestasi di ibu kota baru.

"Ini lah yang nanti akan membawa gerbong di belakangnya banyak masuk ke Nusantara," kata Jokowi saat grounbreaking Hotel Nusantara, Kamis (21/9) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Hotel Nusantara merupakan proyek yang dikembangkan konsorsium perusahaan. Pimpinan konsorsium tersebut adalah Agung Sedayu Group milik Sugianto Kusuma alias Aguan.

Jokowi juga mengapresiasi para konglomerat yang mau hadir ke IKN untuk memastikan berjalannya proyek ini. Jokowi juga menjanjikan ibu kota baru akan memberikan keuntungan.

"Tidak mungkin beliau ini mau mulai dengan Rp 20 triliun kalau tidak ada cuan-nya," katanya.

Di awal pidatonya, Jokowi sempat menyapa para konglomerat yang masuk ke proyek IKN. Mereka juga sempat mendampingi Presiden saat tombol groundbreaking proyek Hotel Nusantara ditekan.

Berikut nama-nama pengusaha tersebut:

1. Sugianto Kusuma (Agung Sedayu Group)
2. Franky Oesman Widjaja (Sinarmas)
3. Prajogo Pangestu (Barito Pacific)
4. Eka Tjandranegara (Mulia Group)
5. Pui Sudarto (Pulauintan)
6. Garibaldi Thohir (Adaro)
7. Kuncoro Wibowo (Kawan Lama)
8. Djoko Susanto (Alfamart)

Selain nama pengusaha tersebut, Jokowi mengatakan perusahaan seperti Indofood hingga Astra juga masuk dalam konsorsium.