Sri Sultan HB X Sudah Dikunjungi Tiga Capres, Siapa Jagoan Pilihannya?

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan Sapa Aruh di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (29/8/2022).
24/1/2024, 16.51 WIB

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi salah satu tokoh yang ditemui oleh ketiga calon presiden. Meski demikian, ia mengaku tak memberikan arahan kepada keluarganya dalam memilih pasangan.

Sultan juga mengatakan istrinya juga tak pernah mengetahui siapa capres yang dipilih saat pemilihan presiden. Menurutnya, prinsip pemilihan politik itu merupakan hak masing-masing individu.

"Karena bagi saya, itu hak-haknya individu-individu, biarpun itu anak, itu istri," kata Sultan di Yogyakarta, Rabu (24/1) dikutip dari Antara.

Hari ini Ngarsa Dalam bertemu dengan capres nomor urut 3 Anies Baswedan selama dua jam di Kantor Kepatihan, Yogyakarta. Anies beralasan menemui Raja Yogyakarta itu untuk meminta restu.

"Beliau menjadi rujukan bagi semua. Karena itu kami bersilaturahmi dan mendengarkan pesan-pesan bijak, pengalaman-pengalaman dan diskusi berbagai hal," kata Anies dikutip dari Antara.

Selain itu, Anies juga beralasan dirinya merupakan putra Yogyakarta yang tumbuh 600 meter dari Kepatihan. Ia mengaku mengambil model kepemimpinan Sultan yang dinilai stabil namun tegas dalam bersikap.

Debat keempat Pilpres 2024 (ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.)

Sebelumnya, Sultan menerima kunjungan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Senin (22/1). Prabowo mengatakan kunjungannya ini untuk meminta izin berkampanye di Yogyakarta.

"Sesuai dengan budaya kita, kalau mau masuk ke satu tempat, kami datang ke yang paling tua. Jadi kami mohon izin," kata Prabowo.

Sultan telah bertemu dengan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo pada 27 Desember 2023 lalu. Dalam pertemuan tersebut, kedua tokoh memahas berbagai macam isu mulai dari ekonomi, pertahanan, hingga internasional.

"Tentang perkembangan bangsa negara. Saya kan sekolah di sini (Yogyakarta), lama di sini," kata Ganjar usai pertemuan.