Garuda Tambah Penerbangan untuk HUT RI di IKN, Siapkan 11.508 Kursi Penumpang

Garuda Indonesia
Plt Kepala OIKN Basuki Hadimuljono (keuda kanan) dan Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (paling kanan di Hangar 2 GMF AeroAsia, Tangerang, Banten
26/7/2024, 22.41 WIB

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan menambah penerbangan untuk mendukung perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Garuda akan menambah 30 penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Balikpapan pada 15 hingga 20 Agustus 2024. Secara total, Garuda menyiapkan 70 penerbangan dengan total 11.505 kursi penumpang untuk mendukung HUT RI di IKN.

"Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami untuk dapat turut mendukung kelancaran momen yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia," kata Dirut Garuda Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulis, Jumat (26/7).

Hal ini disampaikan Irfan usai penandatanganan kemitraan antara Garuda Indonesia dengan Otorita IKN di Hangar 2 GMF AeroAsia, Tangerang Banten, Jumat (26/7). Kemitraan ini sekaligus menjadikan Garuda sebagai official carrier dalam mendukung akses ke IKN.

Penandatanganan ini dihadiri Irfan, Pelaksana tugas Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, serta Komisaris Utama Garuda Indonesia Fadjar Prasetyo.

Irfan mengatakan, dukungan lain adalah memberi jatah tambahan bagasi sebesar 5 kilogram kepada para pekerja IKN. Tak hanya itu, Garuda memasang livery khusus logo Nusantara pada armada Boeing 737-800 NG dengan nomor registrasi PK-GMD.

Irfan mengatakan kerja sama itu juga melingkupi Corporate Sales. Dengan kerja sama ini, pekerja di bawah naungan IKN berserta keluarga bisa mendapatkan potongan harga untuk rute internasional serta fleksibilitas tiket.

Dalam kesempatan tersebut, Basuki mengapresiasi dukungan yang diberikan Garuda. Ia berharap kerja sama ini bisa diperluas di masa depan.

"Diharapkan ke depannya diperluas ke berbagai sektor, termasuk di lingkup Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian ATR-BPN," kata Basuki yang juga Menteri PUPR itu.